OJK Ungkap Pentingnya Keuangan Berkelanjutan, RI Bisa Jadi Negara Maju di 2045 - GenPI.co
OJK Ungkap Pentingnya Keuangan Berkelanjutan, RI Bisa Jadi Negara Maju di 2045 – Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar. Foto: tangkapan layar webinar

GenPI.co – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan peran keuangan berkelanjutan dalam mengakselerasi reformasi struktural dan mentransformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi menjadi negara maju pada 2045.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam webinar Warta Ekonomi bertajuk Sustainability Financing.

“Keuangan berkelanjutan memegang peran yang penting mndukung komitmen menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berdaya tahan, ramah lingkungan dan sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) PBB,” ujar Mahendra dalam siaran pers, Senin (29/8).

BACA JUGA:  Dorong Pertumbuhan Kredit, OJK Fokus Pada 4 Hal Ini

Mahendra menjelaskan, keberlanjutan lingkungan hidup dan perubahan iklim menjadi 2 hal yang perlu diperhatikan.

Pasalnya, perubahan iklim yang tidak dimitigasi dengan hati-hati dapat membawa risiko fisik yang bisa merusak infrastruktur, meningkatkan risiko kredit dan memicu instabilitas.

BACA JUGA:  Kominfo Geram PayPal Tak Berizin: Di OJK Saja Tidak Terdaftar

“Terdapat kebutuhan mendesak bagi kita untuk bekerjasama dan memikirkan rencana realistis yang dapat menyeimbangkan kepentingan lingkungan, ekonomi, dan sosial secara keberlanjutan,” jelasnya.

Untuk mengembangkan keuangan berkelanjutan, OJK telah mengeluarkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II dan telah menerbitkan Taksonomi Hijau pada awal 2022 lalu.

BACA JUGA:  Menko Airlangga Dukung OJK Berikan Edukasi ke Masyarakat

Selain itu, OJK juga memusatkan fokusnya pada dua prioritas utama dalam mengembangkan keuangan berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.