JAKARTA, celebrities.id – Mengenal intensifikasi pertanian dapat menambah wawasan kamu terkhusus bagi kamu yang sedang bersemangat mengelola lahan pertanian yang subur sebagai wadah industri yang menguntungkan.

Kebutuhan untuk mengintensifkan pertanian disediakan oleh faktor-faktor seperti peningkatan permintaan produk pertanian atau pertumbuhan penduduk yang harus disertai dengan pertumbuhan persediaan pangan. Intensifikasi pertanian terjadi dalam konteks pertumbuhan penduduk yang pesat seringkali mengakibatkan kepemilikan lahan yang kecil. 

Maka dari itu, untuk terus memenuhi kebutuhan pangan dan untuk memberi makan penduduk yang terus bertambah, para petani harus mengintensifkan produksi pangan secara berkelanjutan. Kita juga tahu bahwa intensifikasi itu diperlukan karena akan menjadi respon penting terhadap perubahan iklim global.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (30/8/2022) telah merangkum mengenal intensifikasi pertanian, sebagai berikut.

Mengenal Intensifikasi Pertanian

Mengutip dari laman web Food and Agriculture Organization, intensifikasi pertanian diartikan sebagai peningkatan produksi pertanian per unit input yang dapat berupa tenaga kerja, lahan, waktu, pupuk, benih, pakan atau uang tunai. Intensifikasi terjadi ketika ada peningkatan total volume produksi pertanian yang dihasilkan dari produktivitas input yang lebih tinggi atau produksi pertanian dipertahankan sementara input tertentu dikurangi.

Intensifikasi pertanian juga bisa dimaknai sebagai sebuah sistem pembudidayaan tanaman yang menggunakan masukan seperti tenaga kerja dan modal dalam ukuran besar relatif terhadap luas lahan. Hal ini dilakukan karena pertimbangan efisiensi lahan untuk meraih keuntungan yang besar.

1. Mengolah Tanah yang Baik

Mengolah lahan pertanian secara baik bertujuan supaya tanah yang ditanami dapat menumbuhkan tanaman secara baik dan membuahkan hasil yang berlimpah.

Sebagai masyarakat agraris, bangsa Indonesia sejak zaman dahulu telah mengenal cara-cara mengolah tanah demi mendapatkan hasil pertanian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

2. Memberantas Hama dan Penyakit Tanaman

Pemberantasan hama, gulma dan penyakit bertujuan untuk mencegah tanaman mati karena diserang oleh hama, gulma atau penyakit tanaman. Serangan hama dan penyakit tanaman akan menurunkan tingkat produktivitas tanaman bahkan gagal sama sekali.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.