STAVELOT, celebrities.id – Pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil memenangkan GP Belgia 2022. Dia tampil impresif, usai memulai balapan dari posisi belakang di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (28/8/2022).

Sebelumnya, Verstappen sudah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi. Namun, dia mendapat penalti dan memulai balapan dari posisi ke-14, menyusul penggantian mesin. Begitu balapan dimulai, Carlos Sainz Jr yang menempati pole position dapat memaksimalkan posisi dengan baik. Dia memulainya tanpa menemui hambatan dan langsung membuat jarak

Drama kemudian terjadi di belakang Sainz. Sergio Perez yang memulai dari posisi kedua, lambat saat meninggalkan garis start. Dia pun disalip oleh Lewis Hamilton dan Fernando Alonso. Namun, Hamilton dan Alonso kemudian bersenggolan. Keadaan itu pun membuat mobil Mercedes milik Hamilton mengalami kerusakan dan dipaksa menghentikan mobil di tengah lintasan.

Tidak hanya itu, terjadi pula insiden antara Valtteri Bottas dan Nicholas Latifi. Keduanya melintir dan mengakibatkan Safety Car mengintervensi balapan. Sementara Latifi dapat melanjutkan balapan, sementara Bottas terhenti. Di tengah kekacauan itu, Verstappen langsung naik ke posisi kedelapan. Sementara rivalnya, Charles Leclerc, terpaksa masuk pit lebih awal sehingga terjebak di posisi ke-17.

Begitu balapan kembali berlanjut pada lap kelima, Verstappen langsung maju. Kemudian pada putaran ke-12, Sainz masuk ke dalam pit untuk mengganti ban dan Verstappen memimpin balapan. Verstappen lalu mengganti bannya pada putaran ke-16. Namun, dia hanya membutuhkan dua lap untuk mengambil alih posisi terdepan dari tangan Sainz dengan kecepatannya.

Kecepatan Red Bull sendiri tampak begitu mendominasi. Bahkan, Perez juga akhirnya dapat merebut posisi kedua, setelah menyalip Sainz yang tak berkutik pada putaran ke-21. Sedangkan Ferrari terus mencari cara agar mampu kembali bersaing. Pada putaran ke-26, mereka memanggil kedua pembalapnya secara sekaligus untuk pitstop, dengan harapan dapat mengejar Red Bull.

Hanya saja, hal itu tampaknya tak memberikan banyak dampak. Bahkan, Verstappen mampu memperbesar keunggulannya hingga 23 detik ketika menyentuh putaran ke-30. Bukan hanya memimpin, Verstappen juga melaju dengan meyakinkan. Dia terus menerus menciptakan fastest lap atau putaran tercepat. Dia menjadi pembalap tercepat, dengan torehan satu menit 49,354 detik.

Setelah itu, Verstappen terus berada di depan. Dia sama sekali tidak tersusul oleh para rivalnya, dan akhirnya memenangkan GP Belgia 2022. Perez menempati posisi kedua, dan Sainz melengkapi posisi podium.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.