detikfakta.com – Kemudian peti mati yang membawa tubuh raja berusia 96 tahun itu, harus menempuh perjalanan ke kota Edinburgh dengan mobil jenazah.

Tak main-main perjalanan Balmoral menuju Edinburgh dengan mobil diperkirakan memakan waktu hingga 6 jam. Mobil ini melewati kota-kota kecil Inggris sebelum tiba di Istana Holyroodhouse, tempat kediaman resmi raja di Skotlandia.

Peti mati ini sudah dibuat dengan standar kerajaan dengan bunga putih di tempatkan di atasnya. Kemudian peti jenazah diperkirakan tiba di London pada Selasa (13/9/2022).

Saat menuju Istana Holyroodhouse, peti ini melewati jalan pedesaan berliku dan kota-kota kecil seperti Ballater, dan banyak masyarakat yang berbaris di jalan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada raja yang telah memerintah lebih dari 70 tahun itu.

Sesampainya di Istana Holyroodhouse, peti ini juga akan didiamkan di ruang Takhta selama hari senin, setelah itu akan diterbangkan menuju London pada hari Selasa.

Selanjutnya pemakaman ratu Elizabeth II baru akan digelar pada 19 September 2022 di Westminster, setelah itu ia akan berada di tempat peristirahatan terakhirnya di Kastil Windsor sebelah mendiang suaminya, Pangeran Philip.