JAKARTA, celebrities.id – Contoh news item text dapat mempermudah seseorang untuk menganalisa bahkan membuat sebuah berita sederhana dengan menggunakan Bahasa Inggris sesuai dengan vocabulary yang benar.

News item text bisa kita peroleh dari koran, radio atau televisi. Secara umum, fungsi dari news item text adalah untuk memberitakan kegiatan, kejadian dan peristiwa yang menarik serta layak menjadi berita kepada pembaca, pemirsa atau pendengar.

Unsur kebahasaan yang biasa digunakan yakni dengan kata dan ungkapan menarik perhatian tentang isi berita pada judulnya. Lalu terdapat kalimat langsung dengan kutipan, dan kalimat tidak langsung.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (31/8/2022) telah merangkum contoh news item text, sebagai berikut.

Item berita adalah teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa hari itu. Acara-acara tersebut adalah dianggap bernilai berita atau penting. News item adalah jenis teks yang memiliki main fungsi atau tujuan komunikatif untuk menginformasikan kepada pembaca pendengar atau pemirsa tentang peristiwa hari yang dianggap layak diberitakan atau penting.

a. Main Event 

Bagian yang menceritakan acara atau peristiwa secara ringkas. Menguraikan secara ringkas dan padat tentang kejadian, kejadian yang menarik menjadi berita.

b. Elaboration

Bagian yang berisi elaborasi antara latar belakang, partisipan, waktu, tempat. Menguraikan apa yang terjadi, hingga siapa dan dalam situasi apa. Menguraikan secara lebih rinci tentang kejadian, peristiwa, kegiatan, pihak yang terlibat atau terkait.

c. Source

Bagian yang berisi sumber informasi, komentar oleh peserta, saksi dan pihak berwenang ahli dalam peristiwa tersebut. Menyebutkan sumber berita, pernyataan, pendapat dari pihak terlibat atau terkait tentang yang diberitakan.

Contoh News Item Text

1. Contoh News Item Text tentang Jurnalis

-Main Event

Moscow – A Russian journalist has uncovered evidence of another Soviet nuclear catastrophe, which killed 10 sailors and contaminated an entire town.

-Elaboration

Yelena Vazrshavskya is the first journalist to speak to people who witnessed the explosion of a nuclear submarine at the naval base of Shkotovo – 22 near Vladivostok. The accident, which occurred 13 months before the Chernobyl disaster, spread radioactive fall-out over the base and nearby town, but was covered up by officials of the Soviet Union. Residents were told the explosion in the reactor of the Victor-class submarine during a refit had been a ‘thermal’ and not a nuclear explosion. And those involved in the clean up operation to remove more than 600 tons of contaminated material were sworn to secrecy.

-Source

A board of investigators was later to describe it as the worst accident in the history of the Soviet Navy.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.