JAKARTA, celebrities.id – Untuk tetap awet muda, menggunakan produk anti-penuaan yang tersedia di toko saja tidak cukup. Pasalnya, ada beberapa aktivitas yang perlu Anda perhatikan, karena kegiatan tersebut dapat membuat Anda menua lebih cepat.

Ya, segala sesuatu yang kita lakukan, termasuk apa yang kita konsumsi, seberapa banyak kita berolahraga, dan bagaimana perasaan kita memang dapat memengaruhi seberapa cepat kita menua. 

Nah, dilansir dari Pinkvilla, Minggu (28/8/2022), berikut 4 kebiasaan gaya hidup yang perlu Anda perhatikan, karena dapat membuat Anda menua lebih cepat.

1. Duduk sepanjang hari

Duduk sepanjang hari benar-benar membunuh kita dari waktu ke waktu, meskipun seseorang mungkin tidak langsung menyadari efek dari gaya hidup yang tidak sehat ini. Menurut para ahli, melakukan pekerjaan di depan meja terlalu lama dapat membahayakan kesejahteraan Anda dalam jumlah yang sebanding. 

Durasi duduk yang lama telah dikaitkan dengan aliran darah yang lambat, kesulitan mengendalikan kadar gula, hingga kadar kolesterol tinggi yang semuanya merupakan faktor risiko gangguan terkait usia.

2. Konsumsi makanan yang mengandung banyak gula

Makanan yang mengandung banyak natrium, gula, kolesterol buruk, dan lemak jenuh dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap peradangan. Gula bersifat proinflamasi dan mendorong mikrobiota yang buruk. Semua sifat ini berpotensi mempercepat penuaan.

 

3. Merokok

Merokok, seperti yang kita semua tahu, buruk bagi kesehatan dan membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Ini bisa sangat membahayakan kesehatan Anda dan menyebabkan tanda-tanda penuaan. Selain itu, merokok juga bisa merusak dan mempercepat proses penuaan kulit, bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. 

Merokok pun dapat menurunkan aliran darah ke kulit, mengakibatkan kerutan di seluruh wajah. Jadi, hati-hati dengan kebiasaan yang satu ini, ya!

4. Kurang istirahat

Anda harus menahan diri untuk tidak bersantai atau menonton Netflix secara berlebihan dengan mengorbankan penuaan dini. Kualitas tidur yang buruk berdampak pada organ tubuh kita. Sebab, tidur sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon, fungsi otot, pembentukan memori hingga metabolisme yang sehat. Oleh karenanya, kurang tidur dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penambahan berat badan, stres serta kekhawatiran.

Harapan hidup Anda dapat ditingkatkan dengan melakukan penyesuaian gaya hidup sederhana. Seiring bertambahnya usia, membuat perubahan yang sehat dapat membantu Anda memiliki kualitas hidup yang lebih baik. 
 
Kesehatan organ tubuh ini bisa ditingkatkan dengan diet bergizi serta olahraga teratur. Demikian empat kebiasaan gaya hidup yang dapat menua lebih cepat.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.