Untuk memberikan pengalaman bersepeda yang lebih komprehensif, Garmin pun memboyong Garmin Edge 1040 Solar ke Indonesia.

Garmin meluncurkan perangkat khusus bersepeda, Garmin Edge 1040 Solar. Ini merupakan komputer sepeda GPS pertama yang dilengkapi pengisian daya tenaga surya dan teknologi GNSS multi-band.

Berdasarkan data pengguna Garmin Indonesia, pengguna road bike selama periode 2019-2021 meningkat lebih dari 700%. Tidak hanya itu, angka bersepeda dalam ruang juga meningkat tajam, yaitu 288%, yang dipengaruhi oleh epidemik.

Data tersebut menyimpulkan, bersepeda kini menjadi pilihan masyarakat Indonesia, baik untuk preferensi olahraga ataupun hanya sekadar hobi. Untuk memberikan pengalaman bersepeda yang lebih komprehensif, Garmin pun memboyong Garmin Edge 1040 Solar ke Indonesia.

“Permintaan masyarakat terhadap pelatihan sepeda meningkat dan untuk membuat mereka lebih nyaman, aman, dan efisien untuk menyelesaikan perjalanan bersepedanya, Garmin terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem bersepeda kami,” kata Scoppen Lin, Assistant General Manager Garmin Asia, dikutip dari siaran pers (3/8).

Garmin Edge 1040 Solar dibekali pengisian daya solar, di mana daya perangkat dapat diisi dengan paparan sinar matahari. Selain itu, komputer mini ini juga memiliki teknologi GNSS multi-band, yang dapat memberikan pengendara sepeda waktu berkendara lebih lama hingga 100 jam dalam mode battery saver atau 45 jam dalam penggunaan yang lebih kompleks.

Posisi GPS juga diklaim lebih akurat di trek yang menantang, seperti perkotaan yang padat atau jalanan yang tertutup pohon sekalipun. Lebih lanjut, berikut fitur-fitur yang ada di Edge 1040 Solar untuk mendukung pengendara sepeda.

  • Solar charging: Lensa pengisian tenaga surya Power Glass memperpanjang masa pakai baterai hingga 100 jam dalam mode battery saver yang memberi tambahan 42 menit per jam selama berkendara di siang hari. 
  • Teknologi GNSS multi-band: Akurasi dan cakupan posisi yang lebih baik, bahkan di lingkungan yang paling menantang.
  • Cycling ability 2: Mengklasifikasikan kekuatan dan kelemahan sebagai pengendara sepeda, fokus pada peningkatan dan mempersiapkan permintaan rute tertentu.
  • Power Guide: Power Target yang disarankan memudahkan pengelolaan Effort sepanjang rute.
  • Real-time stamina insights: Pantau dan lacak tingkat aktivitas secara real-time selama perjalanan.
  • Setup sederhana: Profil pengendaraan khusus yang terisi berdasarkan data Edge, jenis pengendaraan, dan sensor sebelumnya. Dari sana, profil aktivitas bersepeda dapat dikelola langsung di smartphone yang kompatibel dari aplikasi perangkat pintar Garmin Connect™.

Harga dan ketersediaan

Garmin Edge 1040 Solar dibanderol Rp12.489.000. Jika tidak terlalu membutuhkan pengisi daya solar, Garmin menyediakan versi pengisi daya non-solar (bundling dengan speed, cadence sensor, dan HRM-Dual) yang dihargai Rp11.649.000. 

Komputer khusus pesepeda ini tersedia untuk dibeli pada 10 Agustus mendatang di Garmin Brand Store, toko resmi Garmin, serta toko resmi e-commerce Tokopedia, Shopee, Blibli, dan retail resmi lainnya.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.