detikfakta.com – Pergerakan kendaraan mobil yang keluar Jakarta pada H-3 kemarin meningkat cukup tajam, yaitu sebanyak 300.568 kendaraan atau meningkat 61,61 persen dibanding hari normal.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 106.970 kendaraan keluar melalui jalan arteri dan 217.441 kendaraan keluar melalui jalan tol.

“Berdasarkan data sementara, H-3 kemarin merupakan puncak tertinggi pergerakan kendaraan mobil yang keluar Jakarta,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam keterangan resmi (20/4/2023).

“Jumlah ini meningkat. Diprediksi lonjakan kendaraan masih akan tinggi pada hari ini hingga Sabtu besok,” kata dia.

Untuk mengurangi kepadatan di rest area di jalan tol, Kemenhub mengimbau masyarakat untuk untuk mengatur waktu berada di rest area maksimal 30 menit.

Kemenhub turut mengingatkan kepada para pengemudi agar tidak beristirahat atau berhenti di bahu jalan tol karena berbahaya bagi keselamatan.

Sementara itu, jumlah sepeda motor yang keluar dan masuk Jabodetabek pada H-3 kemarin juga tercatat mengalami kenaikan signifikan, yaitu sebanyak 685.719 kendaraan, atau meningkat 80,53 persen dibanding hari normal.

Kemenhub pun selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh, mengingat risiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Para pemudik disarankan menggunakan berbagai moda angkutan umum, atau manfaatkan program mudik gratis agar perjalanan lebih aman dan berkesan.