Merdeka.com – Perkembangan teknologi internet dan media sosial telah mendorong munculnya banyak sekali ide bisnis kreatif yang dapat menjadi peluang usaha untuk masyarakat, termasuk Afiliasi. Orang-orang berlomba untuk menciptakan sebuah konten menarik mulai dari berbagi cerita mengenai produk belanjaan, membuat ulasan produk hingga berbagi rekomendasi atau sering disebut dengan “Racun”.

Melihat fenomena tersebut, Shopee telah menghadirkan Shopee Affiliate, sebuah program yang menawarkan penghasilan tambahan atau komisi untuk individu khususnya content creator yang aktif di media sosial, dengan cara mempromosikan berbagai produk yang ada di Shopee dan mencantumkan custom link dari produk yang akan dipromosikan. Program ini memberikan komisi untuk setiap pembelian dari custom link yang memenuhi syarat.

Salah satu langkah penting dalam melakukan program afiliasi adalah menyusun ide-ide konten yang menarik agar dapat meningkatkan daya tarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Hal ini bisa berangkat dari ataupun kegiatan sehari-hari seperti;

1. Ulasan Produk dari Kategori Tertentu

Konten ulasan menjadi wadah menarik bagi individu yang ingin membagikan pengalaman pribadi saat menggunakan sebuah produk tertentu. Konten berbagi rekomendasi atau saat ini sering disebut konten “Racun” ini biasanya dibuat berisikan informasi dan penilaian tentang suatu produk yang dimiliki atau baru saja dibeli.

Karena itu jangan ragu untuk membagikan kelebihan maupun kekurangan yang dari produk tersebut agar hasil ulasannya bisa lebih dipercaya dan menarik perhatian. Kontennya pun dapat beragam, bisa membahas produk elektronik, fashion, kecantikan, perlengkapan rumah, dan lain-lain.

2. Video Tutorial

Selanjutnya, tak kalah ampuh adalah konten tutorial yang dapat meningkatkan konversi afiliasi kamu loh! Membuat konten mempromosikan suatu produk sambil menginformasikan kepada para pembaca mengenai cara melakukan sesuatu hal tentu sangat menarik.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat konten tutorial memasak, atau tutorial dekorasi kamar dan meja kerja yang mudah sambil menyelipkan link produk – produk tersebut untuk dapat diakses pembaca.

3. Bahas Tren Masa Kini

Membahas tren dari waktu ke waktu menjadi ide konten menarik yang patut dicoba. Konten ini bisa menjadi salah satu aspek penting karena banyak pengguna yang pastinya mengikuti perkembangan zaman, dan selalu berusaha up-to-date dengan tren masa kini, termasuk produk yang lagi banyak dipakai orang.

4 Berbagi Tips dan Trik

Tipe konten ini menawarkan informasi dan kiat – kiat seru dan mudah yang belum banyak diketahui orang lain. Tentunya saat membagikan tips dan trik, kamu harus jeli untuk menempatkan produk yang mau dipromosikan dengan mencantumkan tautan atau link affiliate.

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate

Dengan menghadirkan semakin banyak ragam konten menarik, keuntungan yang didapatkan dengan bergabung dalam program ini sangat beragam antara lain;

Komisi Tetap hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Supermarket, Star+ dan Star*

Komisi XTRA yang diberikan dari penjual hingga 100% di atas komisi tetap

Produk dan Voucher GRATIS dengan mengikuti kampanye Shopee

Gabung dalam Shopee Affiliates Community dan ikuti berbagai kegiatan untuk bertukar pikiran dan berkembang bersama para content creator untuk mengoptimalkan konten yang diciptakan hingga keuntungan yang didapat. Beberapa kegiatan seru yang dilakukan:

  • Gathering bersama content creator se-Indonesia: saat ini Shopee sedang mengadakan Shopee Creator Meetup yaitu kegiatan roadshow yang dilakukan untuk para content creator yang bergabung dengan Shopee Affiliates untuk saling mengenal dan berdiskusi seputar konten.
  • Webinar edukasi gratis dari pembicara pilihan: sesi belajar online yang dilakukan setiap bulan mengenai bagaimana membuat konten menarik, meningkatkan engagement rate di media sosial, dan masih banyak lagi.
  • Edukasi konten & live streaming: konten live streaming yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan seputar serba serbi Shopee Affiliates!

Untuk bergabung dalam program Shopee Affiliate, pengguna dapat mengakses tautan berikut atau mencari kata kunci ‘Shopee Affiliates Program’ pada fitur pencarian di aplikasi Shopee dan melakukan beberapa langkah:

  • Pastikan sudah log in ke akun Shopee sebelum mendaftar
  • Mengisi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar
  • Setelah berhasil mendaftar, tunggu selama maksimal 3 (tiga) hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee
  • Pastikan akun media sosial kamu aktif, terbuka untuk umum serta memiliki konten original. Selain itu, akun Shopee dan media sosial merupakan akun pribadi, bukan akun toko ataupun penjual Shopee.

Buruandownload aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store dan aktifkan ShopeePay sekarang!

[gir]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.