detikfakta.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengumumkan proses pencairan Bantuan Subsidi Gaji atau Upah ( BSU ) 2022 akan berlangsung mulai 9 September 2022.

Pencairan dana bantuan langsung tunai ini telah melalui proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data sesuai Permenaker yang berlaku.

Dari hasil verifikasi, tercatat ada 4,36 juta pekerja yang lolos dan memenuhi kriteria calon penerima BSU 2022.

“Alhamdulillah, malam ini kami telah memproses pencairan dana BSU (2022) tahap pertama bagi 4,36 juta orang pekerja/buruh dengan anggaran mencapai Rp2,61 Triliun,” kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi.

Lantas mengapa hingga artikel ini dimuat dana tersebut masih ada yang belum masuk ke ‘kantong’ penerima BSU 2022?

Rupanya pencairan yang dimaksud merupakan pemindahan dana dari Kemnaker ke Bank Himbara melalui KPPN yang berlangsung selama 3 hari, terhitung Jumat, 9 September 2022 hingga Minggu 11 September 2022.

Ada pun penyaluran BSU 2022 ke rekening penerima manfaat mulai dilakukan pada 12 September 2022 sesuai jadwal operasional bank.

“Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU (2022) tahap pertama,” ucapnya.

“Insya Allah dana BSU 600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin depan sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya” tutur Anwar.

Bagi yang ingin memastikan apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima BSU , berikut langkah-langkah yang dapat diikuti.

– Buka situs bsu.kemnaker.go.id

– Kemudian isi data diri dan nomor telepon aktif untuk membuat akun cek penerima BSU 2022

– Segera aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya

– Jika berhasil, kembali ke halaman utama

– Lalu lengkapi data dan profil Anda

– Setelah itu akan muncul pemberitahuan terkait status penerimaan BSU 2022.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Depok.pikiran-rakyat.com berjudul “ BSU 2022 Kemnaker Cair 12 September 2022, Ini Tanda dan Cara Cek BLT Rp600.000 Masuk Rekening Pekerja ,” ***