detikfakta.com – Bursa Efek Indonesia (BE) hari ini kembali menggelar kegiatan public expose secara virtual. Terdapat sebanyak 54 perusahaan tercatat yang menjadi peserta dalam kegiatan ini yang akan memaparkan kondisi terkini perusahaan dan kinerja keuangannya.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya merupakan fasilitas dari regulator untuk mempertemukan antara perusahaan tercatat dan para investor pasar modal agar dapat saling berbagi informasi terkini dari masing-masing perusahaan.

“Akan terdapat 54 perusahaan tercatat yang telah bersiap memaparkan kinerja dan rencana perusahaan ke depan. Ini merupakan momen yang tepat dan dapat dimanfaatkan untuk mengenal kondisi keuangan perusahaan tercatat yang belum lama ini laporan keuangan tengah tahunnya telah disampaikan oleh masing-masing perusahaan tercatat,” ujarnya secara virtual, Senin (12/9/2022).

Iman berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah kepercayaan investor yang hingga akhirnya dapat menambah investor lokal pasar modal di Indonesia.

“Dengan demikian seluruh investor mendapat kesempatan untuk mendapat informasi perkembangan perusahaan tercatat secara langsung dari manajemen,” tuturnya.

Iman menyebut, saat ini total investor lokal ada sebanyak lebih dari 4 juta SID yang merupakan hasil dari edukasi dan sosialisasi pasar modal Indonesia.

“Dengan kondisi pandemi yang lebih baik dari sebelumnya kemudahan masyarakat luas untuk mengakses informasi terkini mengenai kinerja perusahaan tercatat dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat di pasar modal,” pungkasnya.

Public Expose LIVE 2022 merupakan acara pemaparan umum beberapa perusahaan tercatat di BEI untuk menjelaskan kinerja dan rencana perusahaan agar informasi tersebut tersebar secara merata.

Tidak hanya itu, acara ini merupakan fasilitas yang diberikan kepada perusahaan tercatat dalam pemenuhan kewajiban Public Expose Tahunan, yaitu sekurang-kurangnya dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam setahun.

Acara ini diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan 45 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia. Public Expose LIVE 2022 diadakan secara virtual selama 5 hari, yaitu dari tanggal 12 sampai dengan 16 September 2022.

Penyelenggara optimis bahwa jumlah peserta yang hadir pada Public Expose LIVE 2022 dapat melampaui capaian penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Penyelenggaraan Public Expose LIVE 2021 silam diikuti oleh 49.769 peserta.

Tren jumlah peserta meningkat jika dibandingkan dengan penyelenggaraan Public Expose LIVE 2020 yang dihadiri oleh 41.361 peserta.