detikfakta.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat nyaris 1% sepanjang pekan lalu. IHSG juga mampu mempertahankan posisinya tetap di atas level psikologis 7.200.

IHSG terpantau menguat tipis 0,15% dan ditutup di 7.242,66 pada perdagangan terakhir pekan lalu, Jumat (9/9/2022).

Kendati bergerak volatile, tetapi IHSG masih mampu finish di zona hijau di akhir perdagangan. Aliran dana asing masih mengalir dengan deras ke pasar saham RI.

Investor asing terpantau mencatatkan net buy sebesar Rp 3,5 triliun di pasar reguler sepanjang minggu lalu.

Dana asing yang mengalir deras ke RI inilah yang juga menjadi katalis positif untuk pergerakan IHSG sehingga mencatatkan apresiasi sebesar 0,91% secara mingguan.

Pada perdagangan terakhir pekan kemarin, ketiga indeks saham Wall Street juga kompak menguat. Indeks Dow Jones menguat 1,19%; S&P 500 naik 1,53% dan Nasdaq Composite memimpin penguatan dengan apresiasi 2,11%.

Analisis Teknikal

Pergerakan IHSG dianalisis berdasarkan periode waktu harian (daily) dan menggunakan indikator Boillinger Band (BB) untuk menentukan area batas atas (resistance) dan batas bawah (support).

Jika melihat level penutupan IHSG dan indikator BB pekan lalu, indeks bergerak naik mendekati batas atas BB terdekat di 7.253.

Pergerakan IHSG juga dilihat dengan indikator teknikal lain yaitu Relative Strength Index (RSI) yang mengukur momentum.

Perlu diketahui, RSI merupakan indikator momentum yang membandingkan antara besaran kenaikan dan penurunan harga terkini dalam suatu periode waktu.

Indikator RSI berfungsi untuk mendeteksi kondisi jenuh beli (overbought) di atas level 70-80 dan jenuh jual (oversold) di bawah level 30-20.

Indikator RSI bergerak naik ke area 63,23 yang menunjukkan adanya penguatan momentum beli seiring dengan tingginya inflow dana asing.

Dilihat dari indikator lain yaitu Moving Average Convergence Divergence (MACD), garis EMA 12 masih berimpit dengan EMA 26 dan bar histogram bergerak di zona negatif.

Untuk hari ini, IHSG berpotensi masih akan bergerak di rentang 7.171-7.253.