detikfakta.comPlatform perjalanan digital Agoda membagikan sejumlah rekomendasi destinasi wisata termurah atau paling terjangkau di kawasan Asia Pasifik, mulai dari kota Khon Kaen di Thailand hingga di Bacolod di Filipina.

Kota Surakarta juga termasuk dalam daftar lima teratas dengan tarif kamar rata-rata Rp550 ribu. Khusus di Indonesia saja, destinasi dengan tarif kamar rata-rata yang murah termasuk Surabaya (Rp570 ribu), Semarang (Rp615 ribu), Yogyakarta (Rp660 ribu), dan Medan (Rp675 ribu).

Menurut Agoda, daftar destinasi termurah ini didasarkan pada hasil analisis tarif kamar rata-rata pada April 2023. Berikut lima daftar teratas destinasi terjangkau di kawasan Asia Pasifik menurut Agoda, sebagaimana dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Khon Kaen, Thailand (dengan tarif kamar rata-rata Rp450 ribu)

Kota ini merupakan rumah bagi banyak kedai kopi trendi, danau-danau kota, Ton Tann Night Market, dan masih banyak lagi. Selain itu, Khon Kaen juga merupakan basis yang ideal untuk menjelajahi pedesaan.

Jika Anda ingin berkunjung ke Khon Kaen pada bulan ini, jangan lewatkan pesta Songkran atau tahun baru Thailand dengan mengunjungi Danau Kaen Nakhon pada 13-15 April.

Penerbangan dua bandara Bangkok ke Khon Kaen juga dapat dikatakan terjangkau dengan harga tiket sekali jalan pada bulan ini mulai dari Rp327 ribu.

Sibu, Malaysia (tarif kamar rata-rata Rp510 ribu)

Terletak di Negara Bagian Sarawak adalah kota yang identik dengan food scene, warisan sejarah dan budaya, serta pemandangan alam. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa mampir ke Tua Pek Kong Temple, Bukit Lima Nature Reserve, Sibu Lake Gardens, dan Sungai Merah Heritage Walk.

Cicipi pula ragam kuliner khas seperti Mee Sua (mie berkualitas dalam sup herbal) yang populer di Sarawak, Mie Kampua, atau Kompia (kue kering pipih yang populer yang biasanya diisi dengan daging).

Surakarta, Indonesia (tarif kamar rata-rata Rp550 ribu)

Sejak lama, Surakarta atau Solo telah membangun reputasinya sebagai pusat budaya termasuk tari-tarian, wayang, hingga batik buatan tangan. Kota ini juga sangat menarik bagi penggemar musik tradisional.

Jika Anda berkunjung ke Surakarta, jangan lewatkan acara Solo Menari pada tanggal 29 April setiap tahunnya serta Festival Keroncong Solo pada 22-23 Juli setiap tahun yang menghadirkan musik rakyat tradisional khas Solo.

Puri, India (tarif kamar rata-rata Rp570 ribu)

Puri merupakan salah satu kota tertua di India. Kota ini menawarkan sejarah dan budaya yang kaya. Anda dapat menjumpai seni dan budaya dengan desain rumit karakter mitologis dan cerita tentang kerajinan tangan.

Ketika mengunjungi Puri, jangan lewatkan santapan lezat seperti malpua hingga kelezatan udang dekaden yang disebut chungi malai. Anda juga dapat mengunjungi pantai emas Puri yang merupakan salah satu pantai terbersih di India.

Bacolod, Filipina (tarif kamar rata-rata Rp700 ribu)

Jika mengunjungi Bacolod, sempatkanlah untuk mencari hiburan di Sharyn’s Cansi House serta cobalah cansi yang merupakan masakan comfort food tradisional di wilayah Negros.

Atau cobalah membuat makanan lokal, piaya, dari salah satu bengkel di Bong Bongs. Cicipi pula hidangan khas ayam inasal.

Lengkapi juga penjelajahan kuliner dan manjakan diri dengan berbagai pilihan makanan penutup dari Calea, yang terkenal dengan pai lumpur cokelatnya.