Penting untuk mengetahui cara kerja pengisi nirkabel itu sendiri, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perangkat Samsung saat ini, termasuk ponsel Galaxy terbaru, jam tangan pintar, dan bahkan earbud terbaru mendukung pengisian daya nirkabel atau wireless charging. Dengan meletakkan perangkat di atas pengisi daya nirkabel, Anda dapat melakukan pengisian daya, lebih mudah tanpa harus memusingkan masalah perkabelan. 

Namun, penting untuk mengetahui cara kerja pengisi nirkabel itu sendiri, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, panduan kali ini akan membahas semua dasar-dasar terkait pengisian daya nirkabel, khususnya untuk produk Samsung.

Tidak semua perangkat dapat diisi daya secara nirkabel. Untuk Samsung sendiri, batasnya dari Galaxy S6 hingga yang terbaru, Galaxy Note 5 hingga yang terbaru (kecuali Galaxy Note 7), dan Galaxy Z Flip3 / Z Fold 3. Sementara itu, seri A tidak mendukung pengisian daya ini.

Untuk jam tangan pintar, Galaxy Watch 3, Galaxy Watch Active, dan model yang lebih baru sudah mendukung teknologi pengisian nirkabel. Sedangkan perangkat earbud yang dapat diisi daya secara nirkabel antara lain Galaxy Buds, Buds 2, Buds+, Buds Live, dan Buds Pro.

  • Perhatikan ketebalan casing

Beberapa pengisi daya nirkabel dapat bekerja meski perangkat menggunakan casing. Namun, casing yang lebih tipis akan lebih baik dalam proses pengisian daya, karena semakin tebal dapat memblokir pengisi daya, terlepas dari posisi perangkat di atas alas pengisi daya. 

Untuk itu, Anda harus memastikan casing yang digunakan smartphone,  misalnya, tidak terlalu tebal. Ini harus lebih diperhatikan lagi apabila Anda menggunakan casing kulit atau bahan serupa. 

Pengisi daya nirkabel biasanya diletakkan di satu tempat dan tidak digunakan untuk mobilitas. Unutk itu, Anda perlu memilih tempat yang tepat, yang sesuai dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Beberapa mungkin lebih suka meletakkannya di samping tempat tidur. 

Tapi, waspada dengan lampu indikator yang terang. LED indikator ini cukup mengganggu apabila diletakkan di samping tempat tidur.Alternatif lain, Anda bisa menempatkannya di meja kerja atau kantor, di mana perangkat dapat diisi daya ketika Anda bekerja.

Watt pengisi daya menunjukkan seberapa cepat pengisi daya dapat mengisi daya perangkat. Saat ini, Anda memerlukan sekitar 10W hingga 15W pada pengisi daya nirkabel Anda untuk kecepatan pengisian tercepat yang ada. 

Untuk pengisi daya multi-perangkat, watt biasanya akan dibagi di antara kumparan pengisi daya yang berbeda, sehingga angka tersebut secara alami akan lebih tinggi.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.