Alih-alih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui spesifikasi ponsel, pengguna dapat menerapkan beberapa cara berikut ini.

Pada era reformasi digital seperti sekarang, semua orang ingin mempunyai ponsel pintar dengan performa yang mumpuni. Pasalnya, dengan semakin bagus kualitas smartphone, maka akan semakin mempermudah pengguna untuk melakukan aktivitas harian mereka. 

Sejalan dengan hal tersebut, produsen ponsel terus merilis smartphone dengan peningkatan kualitas dan spesifikasi dari waktu ke waktu. Bahkan, saat ini semakin banyak smartphone yang mempunyai kualitas mumpuni dengan harga yang jauh lebih terjangkau. 

Untuk mengetahui kualitas smartphone Android yang dimiliki, pengguna dapat mengecek spesifikasi dari perangkat tersebut. Dengan mengetahui spesifikasi yang mendukung kinerja ponsel, maka pengguna dapat mengatur aplikasi apa saja yang harus diunduh agar perangkat dapat berjalan maksimal. 

Pada dasarnya, cara untuk mengecek spesifikasi dari smartphone Android terbilang cukup mudah dan gampang. Bahkan, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui spesifikasi yang dibawa oleh perangkat mereka. 

Kendati demikian, tidak semua orang paham bagaimana mengetahui spesifikasi yang dibawa oleh perangkat cerdas milik mereka. Untuk itu, berikut ini beberapa cara cek spesifikasi smartphone Android yang bisa diterapkan oleh pengguna.
 
1. Cek dari kardus smartphone

Kardus kemasan smartphone biasanya akan memuat sejumlah informasi penting dari perangkat tersebut. Informasi yang tertera ini meliputi versi Android, kapasitas RAM, penyimpanan internal, CPU, jenis layar, baterai hingga kamera yang mendukung. 

Sayangnya, spesifikasi yang tertera pada kardus kemasan smartphone umumnya tidak lengkap dan hanya memuat informasi tertentu saja. Kendati demikian, setidaknya dengan melihat spesifikasi yang ada di kardus, pengguna dapat memperkirakan performa yang dibawa oleh perangkat Android miliknya. 

2. Lihat melalui Pengaturan yang ada di menu 

Apabila pengguna tidak menyimpan kardus kemasan smartphone, cara lain untuk melihat spesifikasi ponsel yaitu melalui ‘Pengaturan’ ponsel’. Pada item ini, pengguna dapat menemukan informasi mengenai spesifikasi smartphone secara lebih lengkap. 

Caranya, buka ‘Pengaturan’ kemudian gulirkan layar untuk mencari item ‘Tentang ponsel’ dan klik menu tersebut. Di sana, pengguna dapat melihat informasi mengenai model smartphone, nomor IMEI, informasi hukum, status, software, hingga kapasitas baterai yang dimiliki. Sedangkan untuk mengecek spesifikasi versi Android, pengguna dapat meneruskannya dengan mengetuk ‘Informasi software’. 

3. Periksa melalui nomor IMEI

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengecek spesifikasi smartphone Android yaitu dengan memeriksanya melalui nomor IMEI ponsel. Dengan menggunakan cara ini, selain dapat mengetahui spesifikasi perangkat, pengguna juga bisa mengidentifikasi nomor IMEI dari perangkat mereka. 

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat smartphone. Oleh karena itu, setiap perangkat, baik Android maupun iOS, pasti mempunyai nomor IMEI sendiri yang berbeda dengan perangkat lainnya. 

Untuk mengetahui spesifikasi dan nomor IMEI, pengguna dapat membuka menu telepon dan menghubungi *#06#*. Lalu salin nomor IMEI yang ada dan cek melalui situs imei.info untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari perangkat Android yang pengguna miliki. 

4. Telusuri lewat internet

Terakhir, pengguna dapat mengetahui spesifikasi lengkap dari perangkat miliknya dengan mencari menelusurinya lewat internet. Ini dapat dilakukan dengan mengecek langsung spesifikasi perangkat melalui situs resmi dari produsen ponsel tersebut. 

Kendati begitu, biasanya pada situs resmi ini spesifikasi bawaan yang akan tersedia sebagai informasi perangkat. Sedangkan perangkat yang dimiliki oleh pengguna umumnya telah mendapatkan pembaruan versi android secara otomatis. Sehingga, tak jarang data yang diperoleh akan sedikit berbeda dengan spesifikasi sebenarnya dari perangkat milik pengguna. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.