Google meluncurkan fitur Nearby Share pada Juni 2020 lalu, memudahkan pengguna Android saling berbagi dengan cepat.

Jika Apple punya AirDrop untuk berbagi gambar, video, dan lainnya antar pengguna iOS, Android punya hal serupa yang disebut “Nearby Share”. Google meluncurkan fitur ini pada Juni 2020 lalu, dimana fitur ini diharap dapat memudahkan pengguna Android saling berbagi dengan cepat.

Nearby Share kini tersedia hampir di seluruh smartphone Android baru, tetapi tidak semua orang mungkin mengetahuinya. Jika Sahabat Tek masih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk berbagi dengan sesama pengguna Android, simak panduan di bawah ini sampai selesai, ya!

Cara mengaktifkan Nearby Share di ponsel Android sebenarnya cukup mudah, tetapi sebelum menggunakan fitur tersebut, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka pengaturan.
  • Pilih Connected devices.
  • Buka Connection preferences dan pilih menu Nearby Share.
  • Aktifkan Nearby Share dengan menyalakan sakelar yang ada di sampingnya.

Di beberapa smartphone Android, seperti Samsung, pengaturan Nearby Share dapat dibuka lewat menu yang bisa digulir dari atas layar. Jadi, tidak perlu membuka pengaturan.

Setelah mengaktifkan Nearby Share, Anda perlu menyetel setelan visibilitas perangkat saat Nearby Share sedang digunakan. Ada tiga opsi yang memungkinkan orang-orang menemukan perangkat Anda.

Cara berbagi antar Android pakai Nearby Share

  • Hidden – Tidak ada yang dapat menemukan ponsel Anda.
  • Contacts – Hanya kontak pilihan Anda yang dapat menemukan telepon Anda.
  • Everyone – Setiap perangkat Android di sekitar dapat menemukan ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti nama perangkat yang akan muncul untuk muncul di perangkat lain ketika sedang menggunakan Nearby Share. Sekarang, setiap kali Bluetooth menyala, Nearby Share secara otomatis akan aktif.

Cara menggunakan Nearby Share

  1. Pilih sesuatu yang ingin Anda bagikan dan tekan tombol bagikan.
  2. Ketuk ikon Nearby Share yang terlihat seperti dua garis melengkung. 
  3. Pilih perangkat penerima dari perangkat terdekat. 
  4. Setelah penerima menerima file, Nearby Share akan mulai berbagi.

Perlu dicatat, perangkat penerima juga harus mengaktifkan Nearby Share dan siap untuk menerima. Caranya, dengan mengklik opsi Accept ketika permintaan dikirim dari ponsel pengirim. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.