Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memaparkan prioritas pembangunan di Kabupaten Gowa pada kegiatan Young Leaders Forum yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar. Adnan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memprioritaskan terwujudnya masyarakat yang unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik.

“Masyarakat yang unggul dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat dengan kualitas hidup yang lebih baik, yaitu lebih cerdas, sehat dan produktif, religius berkarakter, gotong royong, inklusif, dan partisipatif,” kata Adnan saat menjadi narasumber Young Leaders Forum, dikutip Senin (1/8).

Adnan menjelaskan, maksud dari tangguh yakni dengan kondisi daerah dan masyarakat dengan basis ekonomi yang lebih kuat, mandiri, berdaya saing, merata, tahan terhadap krisis melalui pengembangan sektor unggulan daerah. Hal ini diperkuat dengan infrastruktur yang terintegrasi serta lingkungan hidup yang berkualitas.

Menurut Adnan, tata kelola pemerintahan terbaik dimaksudkan sebagai kondisi pemerintahan yang bersih dan akuntabel, berkinerja sangat tinggi dengan pelayanan publik yang berkualitas.

Adnan menyampaikan, ada beberapa program strategis Pemkab Gowa dalam mewujudkan visi tersebut, seperti di Bidang Pendidikan. Adnan mengungkapkan beberapa program dijalankan, seperti Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Investasi SDM Seperempat Abad, PAUD SPAS dan Perpustakaan Desa serta Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana.

“Kita menjadikan Program Pendidikan ini menjadi prioritas utama, karena kita yakin dan percaya bahwa kekuatan suatu daerah atau suatu bangsa bukan karena Sumber Daya Alam (SDA) nya, tetapi kekuatan suatu bangsa dan daerah ditentukan dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan tangguh, Pemkab Gowa juga memiliki Program Strategis di Bidang Kesehatan dan Bidang Keagamaan.  Di bidang kesehatan yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan pembangunan dan peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, dan puskesmas.

Adnan menambahkan, di bidang keagamaan, ada beberapa program yang dicangkan Pemkab Gowa, seperti Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah, Pembangunan Rumah Tahfidz, Satu Desa/Kelurahan Satu Hafidz dan Peningkatan Kualitas Imam dan Guru Agama.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.