Saat ini, Blibli memiliki total 14 warehouse yang berjalan selama 24 jam nonstop demi melayani pengguna mereka pada acara ulang tahun Blibli yang ke-11.

Salah satu hal yang paling penting bagi layanan e-commerce adalah kesiapan mereka dalam mengirimkan barang dengan aman dan tepat waktu. Hal ini semakin penting terlebih jika mereka mempersiapkan acara besar-besaran, dimana akan ada lebih banyak pembeli dalam satu waktu.

Hal inilah yang selalu dirasakan oleh Blibli. E-commerce yang memiliki slogan “Karena Kamu No.1” ini tengah bersiap menggelar acara besar-besaran dalam waktu dekat ini. Blibli akan merayakan ulang tahun ke-11, dimana mereka akan memberikan diskon besar-besaran dan berbagai penawaran menarik lainnya.

Untuk mendukung lancarnya hari spesial bari perusahaan, Blibli merasa perlu menunjukkan kesiapan mereka untuk menyambut momen spesial tersebut. Mereka pun mengundang para pewarta ke salah satu warehouse mereka yang berada di Jakarta.

COO dan Co-Founder Blibli, Lisa Widodo mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki total 14 warehouse di seluruh Indonesia. Di samping itu, mereka juga saat ini sudah memiliki total 33 hub di berbagai wilayah.

“Saat ini kami memiliki belasan warehouse dengan luas minimal 1000 meter persegi. Dengan luas ini, kami dapat memastikan pelanggan untuk mendapatkan barang mereka dengan cepat sesuai dengan lokasi mereka,” ujar Lisa saat memandu warehouse visit yang dilakukan bersama Forwat (21/7).

Di warehouse ini, Blibli memiliki beberapa ruang penyimpanan khusus sesuai dengan kategorinya. Ada wilayah yang memiliki ruang yang berisi palet, namun ada juga ruangan penyimpanan dengan rak yang sangat tinggi.

Blibli punya 14 warehouse untuk penuhi permintaan pengguna

“Kami memiliki total 23 ribu pallet position untuk barang fast moving, rak penyimpanan besar untuk barang yang slow moving. Ada juga cold storage untuk menyimpan makanan yang membutuhkan pendinginan serta ruangan khusus untuk barang-barang high value,” ujar Supply Chain Manager Blibli, Sindu Sirat.

Kesan modern juga terlihat di warehouse milik Blibli ini. Sebab, setiap picker memiliki peralatan khusus yang digunakan untuk menunjukkan lokasi dimana barang yang dipesan oleh pengguna. Mereka juga memiliki armada forklift dengan kekuatan baterai untuk menekan polusi. Komitmen ini juga diperlihatkan melalui packaging yang mereka gunakan untuk pengiriman barang.

“Kami memiliki mesin khusus di warehouse kami untuk merubah karton bekas menjadi material pelindung barang, menggantikan bubble wrap yang terbuat dari plastik. Jadi kami benar-benar memperhatikan lingkungan,” tambah Sindu.

Sedangkan untuk pengiriman, mereka mengaku telah menggandeng hampir semua nama besar di bidang logistik. Bahkan, mereka juga sudah memiliki kemitraan dengan layanan ojek online besar.

“Tapi kami juga memiliki armada BES yang merupakan armada inhouse milik kami sendiri. Jadi kami bisa memastikan pelanggan akan mendapatkan barang yang mereka inginkan dalam waktu 2 jam saja, jika jarak pengantaran kurang dari 30 km,” ungkap Sindu.

Terakhir, Lisa juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh Blibli saat ini semata-mata hanya untuk memberikan kepuasan bagi para pengguna platform mereka.

“Blibli, sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terpercaya dengan ekosistem terintegrasi, dalam 11 tahun perjalanannya melayani Indonesia, terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan,” ungkap Lisa.

“Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” pungkasnya.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.