Sebagai pemilik mobil, tentu kamu tak ingin mengalami masalah mesin pada mobil, seperti keluarnya asap dari knalpot. Kenapa knalpot keluar asap putih? Terlepas dari warnanya, asap putih atau warna lain merupakan pertanda ada sesuatu yang salah pada mesin mobil.

Terlebih lagi jika yang keluar adalah asap putih tebal, hal ini merupakan masalah serius yang perlu segera ditangani. Pasalnya, mengabaikan asap yang keluar dari knalpot bisa menyebabkan mesin mobil meledak.

Untuk memahami penyebab mobil mengeluarkan asap, khususnya asap putih, Lifepal telah merangkum semua hal yang perlu kamu ketahui tentang asap mobil dan cara mengatasinya.

Mengenal asap sebagai emisi gas buang dari mobil

Asap yang keluar dari knalpot kendaraan, seperti mobil, merupakan hasil emisi gas buang yang berasal dari proses pembakaran pada mesin.

Proses ini bermula dari adanya sebuah percikan pada campuran bensin dan udara, dan menghasilkan gas yang disalurkan ke sistem pembuangan atau knalpot.

Asap ini akan melewati konverter katalik sebagai pengendali emisi yang mengubah gas dan polutan beracun menjadi gas tidak berbahaya melalui proses katalis reaksi redoks.

Dalam kondisi normal, asap yang keluar dari knalpot tidak akan terlihat atau tidak berwarna. Kemungkinan gas buang yang keluar hanyalah asap berwarna putih terang atau biasanya berupa uap air keluar dari knalpot mobil.

Penting diingat bahwa emisi gas buang ini sangat berbeda dari keluarnya asap putih tebal atau warna lain yang menandakan adanya suatu masalah pada mobil.

Membedakan jenis warna asap mobil

Dilansir dari Auto Express, terdapat empat jenis warna asap yang berpotensi menandakan adanya masalah pada mobil.

Knalpot keluar asap putih

Penyebab knalpot keluar asap putih tipis biasanya akibat adanya pengembunan di pipa knalpot, atau masalah yang lebih serius akibat kebocoran cairan pendingin mesin.

Asap biru dari knalpot

Warna biru pada asap menandakan adanya oli yang sedang terbakar. Beberapa kemungkinan penyebab knalpot keluar asap biru lain karena seal klep, ring piston, atau turbocharger yang aus (sering terpakai sehingga habis).

Asap abu-abu dari knalpot

Penyebab knalpot keluar asap abu-abu bisa menunjukkan beberapa tanda seperti oli berlebih, kerusakan katup PCV, atau kebocoran cairan transmisi pada mobil matic.

Knalpot keluar asap hitam

Pada mobil berbahan bakar bensin, penyebab knalpot keluar asap mobil hitam merupakan pertanda terlalu banyak bahan bakar yang dibakar. Hal ini juga bisa menunjukkan adanya masalah pada filter udara atau injektor bahan bakar.

Sementara pada mobil diesel, kemungkinan besar alasannya karena terdapat jelaga atau filter partikulat diesel yang secara otomatis melakukan pembersihan mandiri (self-cleaning).

7 penyebab knalpot keluar asap putih

Asap putih yang keluar dari knalpot harus segera diatasi agar mesin dan sistem pembuangan tidak rusak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tujuh penyebab knalpot mobil keluar asap putih tipis agar kamu dapat mengetahui cara tepat mengatasinya.

1. Adanya kondensasi

Tak perlu khawatir jika kamu melihat adanya asap putih yang keluar dari knalpot mobil. Pasalnya, hal tersebut bisa terjadi akibat adanya akumulasi kondensasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Pada situasi ini, kamu biasanya hanya akan melihat knalpot ngebul putih di saat suhu udara dingin. Asap putih akan keluar dalam jumlah kecil setelah mesin mobil kamu hidupkan. Tunggulah selama 30 detik hingga 1 menit sampai asap hilang dengan sendirinya.

2. Kepala silinder retak, salah satu penyebab knalpot keluar asap putih

Kepala silinder yang retak atau rusak dapat menyebabkan kebocoran pada cairan pendingin mobil. Meski hanya sedikit kebocoran yang terjadi, hal tersebut berpotensi untuk bercampur dengan oli mesin. Alhasil, oli akan terkontaminasi cairan.

Tanda pertama oli terkontaminasi cairan yaitu keluarnya asap putih pada knalpot mobil. Jika hal ini terus terjadi, asap putih akan menimbulkan semacam bau manis yang sulit hilang.

3. Kerusakan pada pendingin reservoir tank

Kerusakan atau keretakan pada pendingin reservoir tank bisa menyebabkan kontaminasi. Meskipun jarang terjadi, sebaiknya kamu tetap memeriksa komponen ini apabila knalpot mengeluarkan asap putih.

Biasanya kerusakan terjadi usai mekanik memperbaiki komponen lain pada mobilmu dan tanpa sengaja merusak tangki reservoir. Bila hal ini terjadi, segera ganti tangki dengan yang baru.

4. Adanya kebocoran oli

Oli yang bocor dari ring piston atau seal klep mobil bisa mengalir ke ruang pembakaran bersamaan dengan bahan bakar. 

Bahan bakar dan oli yang bercampur akan keluar melalui knalpot. Asap yang keluar biasanya berwarna biru atau bagi sebagian orang tampak seperti knalpot berasap putih

Pastikan segera memperbaiki kebocoran ini, karena komponen mesin yang tidak dilumasi dengan sempurna oleh oli akan cepat aus dan rusak. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah lainnya pada mobil kamu.

5. Injektor bahan bakar yang buruk

Injektor bahan bakar berperan dalam menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Apabila injektor bahan bakar pada mobil kamu buruk, terdapat potensi pembentukan asap putih akibat karena bahan bakar yang dibutuhkan tidak masuk ke ruang pembakaran dalam jumlah dan waktu yang tepat.

6. Adanya kesalahan pada unit kontrol mesin

Masalah yang umum terjadi pada poin ini adalah pemilik mobil yang sering mencabut aki mobil selama beberapa menit untuk mengatur ulang mesin. Pemasangan yang salah bisa menimbulkan adanya potensi keluarnya asap putih pada mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya panggil mekanik yang telah akrab dengan mesin untuk memprogram ulang unit kontrol mesin agar tidak ada risiko kesalahan yang berpotensi merusak komponen mesin.

7. Blok mesin pecah

Pecahnya blok mesin mobil merupakan masalah yang paling banyak menguras banyak biaya. Keretakan pada blok mesin ini bisa menyebabkan munculnya asap putih pada knalpot.

Segera hubungi bengkel knalpot mobil atau mekanik yang telah kamu percaya untuk memeriksa mobil kamu secara menyeluruh jika terdapat kemungkinan adanya keretakan pada blok mesin. Di bengkel knalpot kamu juga bisa mengecek apakah knalpot mobil bocor atau masih bagus.

Cara mengatasi knalpot keluar asap putih

Setelah mengetahui dan mengidentifikasi masalah yang bisa menyebabkan asap putih keluar pada mobil, ketahui juga cara mengatasi mobil keluar asap putih.

Apabila masalahnya berasal dari kebocoran sistem cairan pendingin pada mesin mobil, terdapat dua pilihan perbaikan yang bisa kamu lakukan.

Pertama, lakukan pemeriksaan level pada sistem cairan pendingin. Pengecekan ini hanya memerlukan pemeriksaan pada tangki reservoir dan tingkat kepenuhan radiator. Jika levelnya rendah dan tidak ada kebocoran, mobil kamu mungkin mengalami keretakan pada bagian lain.

Kedua, kamu juga bisa membeli alat pendeteksi dari bahan kimia terkait kebocoran blok mesin untuk mendeteksi adanya kontaminasi pada sistem cairan pendingin.

Berbeda lagi solusinya jika mobil kamu mengalami keretakan pada salah satu komponen mesin. Hal ini bisa menyebabkan kontaminasi pada bagian mesin tertentu atau menyebabkan mesin mobil menjadi panas.

Segala jenis kerusakan dan keretakan pada kepala silinder, ring piston, seal klep, injektor bahan bakar hingga blok mesin menandakan bahwa kamu perlu melakukan perbaikan secara besar-besaran pada mobil.

Kamu bisa memastikannya lagi dengan melepas setengah mesin dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Bila perlu, gunakan jasa mekanik untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Tips dari Lifepal! Apabila keluar asap putih dari knalpot mobil, segera menepi dan periksa komponen mobil yang diperlukan, seperti mengecek apakah mesin terlalu panas saat beroperasi.

Solusi terbaik adalah menghubungi bengkel mobil terdekat dengan menelepon mobil derek atau panggil mekanik yang bisa memeriksa mobil kamu saat itu juga. 

Intinya, serahkan semua perbaikan pada mekanik secara menyeluruh agar asap tidak muncul kembali dan mesin mobil kamu tetap terjaga dengan baik.

Simak pula ulasang mengenai air keluar dari knalpot mobil di artikel Lifepal lainnya!

Dapatkan perlindungan terbaik untuk mobilmu

Memiliki mobil pribadi merupakan hal yang diidamkan sebagian orang. Namun, perlu diingat bahwa pengeluaran dan beban keuangan kamu bisa bertambah karena harus melakukan perawatan mobil secara rutin.

Bahkan, untuk mencegah risiko yang tak terduga seperti kerusakan atau kehilangan mobil, pemilik kendaraan juga harus menyiapkan asuransi agar mendapatkan perlindungan yang diperlukan.

Dengan memiliki asuransi mobil, siapa pun bisa meredam risiko kerugian akibat kerusakan maupun kehilangan. Lifepal menyediakan berbagai pilihan asuransi dengan premi bulanan yang bisa disesuaikan dengan anggaran kamu.

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Pilihlah asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak kamu inginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan kamu gunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.

Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar asap putih pada mobil

 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.