Detikfakta.com – Seorang pebisnis sukses tentunya meniti upayanya dari titik terbawa. Seperti Helmut Hermawan, pria kelahiran Jakarta, 12 April 1977 yang dikenali sebagai pengusaha tambang.

Pria yang dekat dipanggil Helmut ini pernah mengenyam pendidikan di jalur Ekonomi dan Usaha Université Libre de Bruxelles РEcole de commerce de Solvay (1999-2001), dan di Mercubuana International Programme. Helmut Hermawan dibesarkan oleh orang tuanya di Brussel, Belgia. Tetapi, dia pada akhirnya kembali lagi ke Indonesia di tahun 2002 lalu dan menikah dengan seorang wanita yang namanya Emilyani.

Sejauh hidupnya, Helmut tak pernah jadi karyawan biasa. Dia selalu coba membuat usaha sendiri. Selain pernah membuat pabrik sepatu, Helmut sempat juga mencoba sektor IT.

“Tetapi rupanya jalan sukses saya terukir di bidang pertambangan, diawali dari departemen pemasaran sampai status sekarang ini,” tutur Helmut dalam keterangan tercatat.

Helmut awalnya bekerja di pertambangan sebagai manajer pemasaran di PT APMR dan pada akhirnya jadi Direktur Khusus PT Citra Lampia Mandiri yang berada di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Saat bekerja, Helmut akui mempunyai sebuah misi untuk mencapai arah yang dicita-citakannya.

“Saya ingin menjadi satu diantara perintis di perusahaan pertambangan yang fokus pada pergerakan perkembangan dengan membuat kompetensi lewat peningkatan pegawai, pendayagunaan warga lokal, dan memiliki komitmen dalam jaga lingkungan,” katanya.

Helmut mengutarakan visi agar bisa lebih memajukan perusahaan.

“Jadilah manusia yang mempunyai sumber daya yang berkualitas, mengaplikasikan konsep Good Mining Practice dalam pertambangan, berani melakukan investasi dan turut berperan serta dalam industri pertambangan. Sanggup tingkatkan integrasi rantai suplai nikel untuk pastikan keunggulan dan efektivitas dan janganlah lupa, harus dapat membuat jalinan yang kuat dengan rekanan usaha dan memprioritaskan keterlibatan sekitar tempat tambang,” tuturnya.

Sama seperti yang dijumpai beberapa orang, industri pertambangan mempunyai proses yang paling kompleks. Salah satunya rintangan paling besarnya ialah memperkuat mental dan terus stabil dengan nilai usaha dalam mengaplikasikan Good Mining Practice secara detail dan memprioritaskan pendayagunaan dan kekuatan lokal.

Fokus Usaha Pertambangan

Sebagai Dirut PT Citra Lampia Berdikari, Helmut sukses meningkatkan cara-cara terbaik dalam tingkatkan hasil kualitas tambang nikel. Dia berkomitmen dalam jaga norma pertambangan dengan masih tetap melestarikan lingkungan dan berperan di beberapa bidang keperluan warga sekitaran tambang.

“Untuk sukses di dunia pertambangan dapat disebut memerlukan saat yang lumayan lama terutama bagi sebuah industri besar seperti pertambangan. Namun perolehan saat ini sebagai tahapan awalnya ke arah keberhasilan, masih banyak gagasan yang akan datang yang ingin dicapai,” bebernya.

Sekarang ini, PT Citra Lampia Mandiri mulai bekerjasama dengan PT Indo Nikel Industri (PT. INI) dalam pembangunan smelter di dekat daerah tambang. Ini tentu saja akan tingkatkan kualitas produk berbahan mentah jadi produk setengah maka hingga bisa tingkatkan kualitas export nikel Indonesia.

Kerjasama itu sesuai dengan program pemerintahan dalam mengoptimalkan export hasil tambang nikel dengan kualitas terbaik sampai pada akhirnya capai arah untuk meningkatkan dan lebih memajukan penghasilan warga sekitar.

Karena itu, Helmut terus mengaplikasikan strategi kesuksesannya, yaitu terus berikhtiar, amanah dan share baik secara pribadi pribadi atau lewat program-program perusahaan.

“Sepanjang kita jadi sumber daya manusia yang bagus saya percaya hasilnya akan baik,” ujarnya.