VIVA Edukasi – Ciri-ciri poster harus kamu ketahui sebelum membuatnya. Ciri-ciri poster ini sangat beragam. Biasanya, poster ditempatkan atau dipasang di tempat umum. Hal ini lantaran poster dibuat untuk ditujukan kepada masyarakat membaca informasi dari poster yang dibuat.

Poster merupakan sebuah pengumuman atau informasi berbentuk plakat yang dipasang di tempat umum. Isi dari poster ini biasanya berupa informasi, pesan ajakan, larangan, pengumuman dan lainnya. Ukuran poster ini tentu disesuaikan dengan tempat dan target para pembaca.

Poster biasanya di tempel di tempat umum seperti di pinggir jalan, di tembok-tembok, di pohon, dan lainnya. Seiring berkembangnya teknologi, kini poster sudah berbentuk digital yang bisa dengan mudah di akses di internet.

Ciri-ciri poster dapat dilihat dari desain , penulisan kalimat, dan gaya bahasa. Tujuan dalam membuat poster ini untuk memberikan sebuah informasi dan mencuri simpati masyarakat. Berikut telah kami rangkum beberapa ciri-ciri poster dari berbagai sumber.

Ciri-ciri poster

Ciri-ciri Poster dan Fungsinya

Poster MotoGP Mandalika disebut sukses besar

1. Menggunakan bahasa yang jelas, dan singkat

Ciri-ciri poster yang baik seharusnya menggunakan bahasa yang padat, singkat, dan jelas. Dengan menggunakan bahasa yang jelas, ini akan memudahkan pembaca untuk memahami kalimat dalam poster yang dibuat.

Bahasa dalam membuat poster juga harus diperhatikan, karena poster dapat dilihat oleh khalayak umum termasuk anak-anak. Tulisan poster dengan bahasa yang santun juga akan membuat pembaca menjadi nyaman dengan kata-kata yang ditulis.

2. Menggunakan kalimat ajakan

Tujuan dari membuat poster yaitu dimaksudkan untuk para pembaca poster ingin ikut andil berpastisipasi sesuai yang tertulis dalam poster. Maka dari itu kalimat yang ditulis dalam poster menggunakan kalimat yang berisi ajakan atau kalimat persuasif agar pembaca dapat mengambil tindakan untuk mengikuti apa yang dituliskan dalam poster. Hal ini tentu perlu diperhatikan bagi pembuat poster.

3. Media yang digunakan membuat poster

Umumnya, ciri-ciri poster yang baik dicetak dalam bentuk kertas atau kain yang bisa dipajang di beberapa sudut tempat strategis. Beberapa ukuran juga menentukan poster dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat umum. Biasanya ukuran poster tersebut A2: 42 cm x 59,4 cm, A3: 29,7 cm x 42 cm, atau A4: 21 cm x 29,7 cm.

4. Desain grafis yang menarik

Poster Paris Fernandes Hadir di Podcast One Pride MMA

Poster Paris Fernandes Hadir di Podcast One Pride MMA

Ciri-ciri poster lainnya yaitu memiliki desain grafis yang menarik. Umumnya, poster-poster yang dipajang di beberapa tempat memiliki keunikannya tersendiri dengan mengombinasikan simbol, huruf, angka, dan juga gambar. Hal ini juga digunakan untuk menarik perhartian masyarakat sekitar untuk melihat poster yang dibuat. Masyarakat akan mudah mengingat poster kita jika kombinasinya unik. Bahkan jika berhasil mereka akan semakin penasaran dan bisa tergerak untuk mengikuti hal yang disampaikan dari poster.

5. Tulisan yang berkesan

Ciri-ciri poster lainnya yaitu tulisan di dalam poster harus memiliki makna yang dalam dan berkesan agar pembacanya mudah mengingatnya. Jika poster menarik dan kata-katanya mudah dipahami, maka pembaca akan senang melihatnya. Oleh sebab itu, buat kalian yang ingin membuat poster, buat lah kata-kata yang menarik sehingga seseorang yang membaca mudah mengingatnya.

6. Menarik perhatian

Poster yang baik tentu juga harus mampu menarik perhatian masyarakat sekitar. Cara menariknya, kamu bisa menggunakan desain dengan warna yang mencolok, namun jangan berlebihan agar tidak menjadi terkesan norak. Kamu juga bisa memadukan antara warna tulisan dan latar belakang. Hal ini bertujuan agar tulisan terlihat dengan jelas dan mudah di baca. Selain itu kamu juga bisa menambahkan gambar atau foto yang menarik di dalam poster.

7. Tempatkan poster di lokasi yang tepat

Selain dengan membuat poster yang terlihat menarik, pemilihan tempat juga berpengaruh pada perhatian masyarakat. Jika kamu memajang poster di tempat yang sedikit dilewati atau dikunjungi orang, maka poster yang kamu buat juga akan jarang dilihat. Maka akan sia-sia jika membuat poster dan di pajang di tempat yang sepi. Namun, jika kamu menempatkan poster tersebut di tempat strategis dengan penuh keramaian pasti poster kamu dapat dilihat oleh orang banyak. Maka target pasarnya tercapai.

Poster puan di Palangkaraya

Poster puan di Palangkaraya

Poster termasuk dalam kategori media yang berbentuk gambar atau visual. Sementara media memiliki empat fungsi yang sering kita dengar. Empat fungsi poster yang berdasarkan keberadaan media di antaranya untuk memberikan informasi, edukasi publik, hiburan, dan kontrol sosial. Berikut penjelasannya.

1. Memberi informasi

Fungsi media visual poster yang pertama yaitu memberikan sebuah informasi kepada masyarakat. Seperti contoh informasi pengadaan lomba kegiatan 17 Agustus yang diadakan di suatu tempat dan dibuka secara umum, maka poster tersebut dapat digunakan untuk penyebarluasan informasi.

Masyarakat luas akan mengetahui dengan adanya poster yang menginformasikan kegiatan lomba tersebut di suatu daerah. Disinilah fungsi pentingnya poster bagi masyarakat.

2. Sebagai edukasi publik

Selain untuk memberikan informasi kepada masyarakat, poster juga bisa digunakan sebagai edukasi publik. Poster yang menarik soal edukasi masyarakat soal isu tertentu dapat menggugah masyarakat untuk mengetahui informasi yang disampaikan dalam poster.

3. Sebagai hiburan

Poster Jamrud di New York

Poster Jamrud di New York

Fungsi poster selanjutnya yaitu sebagai hiburan. Poster yang dibuat bisa juga sebagai sarana hiburan semata. Seperti contoh kata-kata bijak dari para pejabat, atau dari public figure.

4. Sebagai kontrol sosial

Fungsi poster yang terakhir yaitu sebagai kontrol sosial. Artinya, membuat poster difungsikan untuk mengkritisi sebuah kebijakan yang salah sasaran. Banyak contoh poster yang berbau kritik terhadap pemerintah. 

Demikian ulasan tentang ciri-ciri poster yang harus kamu ketahui. Buatlah poster yang menarik agar pesan yang disampaikan bisa terwujud dan tepat sasaran. Semoga artikel bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.