Berikan perlindungan terbaik untuk keuanganmu dengan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberikan ganti rugi kerusakan mobil di atas 75 persen dan kehilangan akibat pencurian. Dapatkan asuransi TLO terbaik di Lifepal.

2. Cara memeriksa injektor dengan multitester

Berbeda dengan test lamp, cek injektor mobil bensin menggunakan multitester ini dapat mengetahui nilai tahanan atau resistansi dari sebuah injektor.  Jadi, pemeriksaan ini dapat menunjukkan kualitas injektor mobil. 

Sebelum menggunakan multitester, perlu diketahui bahwa ada beberapa pilihan multitester yang bisa kamu gunakan yaitu; 

  • Off, untuk mematikan multitester 
  • V, untuk mengukur tegangan, baik DC maupun V
  • Ohm, untuk mengukur tahanan 
  • Hz %, untuk mengukur frekuensi 
  • mA, untuk mengukur arus (maksimum 400mA)

Untuk mendeteksi masalah pada injektor mobil, kamu bisa menggunakan fitur pengukuran tahanan dengan switch ke Ohm. 

Cara Cek Injektor Mobil Bensin Rusak dengan Mudah

Gunakan tombol auto sehingga tidak perlu mengotak-atikkannya lagi. Selanjutnya, cabut soket injektor kemudian ukur tahanan injektor mobil.  

Jika tahanan yang terukur berubah menjadi lebih kecil daripada nilai seharusnya, itu menunjukkan pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar. 

Sementara itu, bila nilai tahanan lebih besar daripada standarnya, itu menunjukkan injektor tidak bekerja mengabutkan bensin sehingga mesin menjadi bermasalah. Adapun masalahnya bisa berupa mesin nyendat, getar, atau bahkan sering mati. 

Ciri-ciri injektor mobil rusak

Selain dengan melakukan pengecekan secara langsung menggunakan test lamp dan multitester, kamu sebenarnya bisa mendeteksi adanya kerusakan pada injektor mobil dengan mengetahui gejalanya.

Beberapa masalah pada mobil berikut ini dapat dicurigai sebagai ciri ciri injektor bermasalah. 

1. Mobil mati mendadak 

Injektor mobil yang bermasalah bisa menyebabkan mobil mati mendadak karena selenoid yang biasa membuka dan menutup tidak berfungsi. Tidak berfungsinya solenoid ini sering kali karena injektor mobil yang rusak. 

Solenoid yang rusak menyebabkan semprotan bahan bakar menjadi telat, bahkan jika kerusakannya parah, bahan bakar tidak menyemprot sama sekali. 

Saat semprotan bahan bakar terganggu, otomatis laju kendaraan juga terganggu dan bisa mati secara mendadak. 

2. Mobil susah distarter 

Pertimbangan lain yang membuat kamu seharusnya mengecek injektor mobil bensin yakni ketika mobil tidak bisa distarter

Saat aliran bahan bakar terganggu karena solenoid yang rusak, mobil menjadi susah untuk di-starter. 

3. Mesin mobil brebet 

Gejala selanjutnya yang disebabkan karena injektor bahan bakar rusak yakni mesin mbrebet, khususnya saat mobil dibawa pada rpm tinggi. 

Cara memperbaiki injektor mobil bensin yang rusak 

Kerusakan pada injektor mobil umumnya terjadi karena penumpukan kotoran yang sudah terlalu banyak dan menumpuk. Oleh karena itu, cara memperbaiki injektor mobil yang bermasalah bisa dilakukan dengan membersihkannya. 

Namun, kotoran pada injektor mobil yang sudah terlalu banyak seringkali membuat injektor mobil tidak dapat diperbaiki lagi. Hal tersebut berlaku untuk injektor mobil bensin maupun injektor mobil diesel. 

Berikut langkah-langkah membersihkan injektor mobil. 

1. Pastikan filter bahan bakar bersih 

Langkah pertama yang mesti kamu pastikan adalah membersihkan filter bahan bakar. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kotoran injektor yang dibersihkan tidak kembali lagi. 

Bila filter tidak lebih dulu dibersihkan, maka kerak kotoran yang tersisa bisa saja saja masuk ke injektor mobil. Saat cleaner masuk, filter bahan bakar setidaknya sudah bersih dan siap menampung kotoran dari injektor. 

2. Bersihkan injektor 

Langkah selanjutnya yakni mulai membersihkan injektor mobil. Caranya dengan membuka  pipa bensin. 

Injektor perlu dibongkar terlebih dahulu dari mesin agar mudah dibersihkan. Setelah dilepas, injektor baru disemprotkan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran. 

Perlu diingat, ada beberapa komponen sensitif yang mesti kamu perhatikan seperti komponen seal yang tidak boleh sampai putus atau rusak. Jika rusak, maka kamu harus menggantinya dengan seal yang baru. 

3. Bersihkan juga bagian luar injektor 

Pastikan juga kamu membersihkan bagian luar injektor menggunakan cleaner yang sudah kamu siapkan, ya. Bersihkan injektor dari ujung ke ujung, terutama pada bagian yang sering terkena karbon. 

Jika sudah dirasa bersih, kamu dapat memasang ulang komponen seal injektor dengan injektornya kembali. 

Penting punya asuransi mobil

Seperti yang kita ketahui, merawat dan memperbaiki mobil tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu tidak memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil, maka tabungan kamu bisa saja cepat habis. 

Asuransi mobil akan memberikan perlindungan finansial dengan mengganti kerugian atas beberapa risiko yang mungkin kamu alami, seperti biaya penggantian mobil lecet, baret, hingga kerugian karena mobil dicuri.

Jika kamu masih bingung menentukan asuransi mobil yang cocok, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Tips dari Lifepal! Untuk membersihkan injektor mobil, gunakan injector cleaner mobil terbaik, ya. Injector cleaner yang bagus seharusnya bisa membuat ruang bakar kembali bersih dan meningkatkan performa kendaraan. 

Injector cleaner atau carbon cleaner mobil bisa berbentuk cairan maupun gas. Ada yang dirancang khusus untuk mobil bensin ada juga yang untuk mobil diesel. 

Sebaiknya, minta rekomendasi dari mekanik di bengkel resmi untuk mendapatkan injector cleaner mobil terbaik. 

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Demikianlah pembahasan mengenai cara cek injektor mobil bensin yang bermasalah. Semoga bisa bermanfaat, ya. 

Pertanyaan seputar cara cek injektor mobil bensin

Injektor mobil yang kotor dapat berimbas pada kinerja mobil yang buruk seperti mobil susah distarter, suara mobil brebet, sampai mobil yang tiba-tiba mendadak. Untuk memastikannya, kamu perlu cek injektor mobil bensin dan melihat apakah injektor mobil masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Tentu penting. Asuransi mobil akan melindungi finansialmu dari biaya-biaya tak terduga akibat kerusakan mobil kamu. Jadi, tabungan kamu akan tetap aman.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.