Efek daun talas kaca mobil bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih bagus, terutama saat musim penghujan. Bagi para pengemudi musim hujan bisa menjadi hambatan saat berkendara karena pandangan akan terbatas.

Pada kondisi normal, pengemudi mempunyai jarak pandang ±500 meter tetapi saat hujan bisa hanya 50 meter.

Untuk itu, pengemudi sangat harus lebih awas dan fokus saat berada dalam kondisi hujan. Pengemudi juga bisa memilih opsi berhenti sejenak sampai intensitas hujan menurun.

Jika pengemudi masih ingin melanjutkan perjalanan saat hujan dapat membuat efek daun talas pada kaca mobil.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara membuat efek daun talas kaca mobil kamu bisa menyimak petunjuk selengkapnya di bawah ini.  

Cara membuat efek daun talas pada kaca mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa efek daun talas sangat bermanfaat bagi pengemudi mobil saat kondisi hujan. Saat ini telah banyak cara membuat efek daun talas baik alami maupun buatan. Berikut adalah cara membuat efek daun talas di kaca mobil.

1. Rutin membersihkan mobil

Membersihkan mobil adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik mobil terutama saat terkena hujan. Jangan biarkan air hujan didiamkan dalam waktu lama karena bisa memunculkan jamur pada kaca atau body mobil.

Jamur yang muncul akan memengaruhi kejernihan dari kaca mobil dan mengganggu kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Lakukan lah pembersihan pada mobil sesegera mungkin terutama pada permukaan kaca. Meskipun bagian body juga perlu dibersihkan tetapi sangat disarankan terlebih dahulu untuk membersihkan kaca mobil.

Salah satu cara menghilangkan jamur kaca mobil bisa dengan menggunakan lap kanebo atau microfiber yang dimiliki di rumah.

2. Hindari hujan pertama pada periode musim penghujan

Hujan adalah salah satu cuaca yang terjadi pada iklim tropis seperti Indonesia. Air hujan sangat tidak baik bagi bagian pada mobil. 

Terlebih lagi, periode hujan pertama memiliki kandungan asam tinggi karena bisa mempengaruhi kondisi kaca maupun body mobil.

Jika kamu tetap menggunakan mobil pada kondisi tersebut sebaiknya langsung membersihkan di setiap bagian mobil.

Kaca menjadi bagian sensitif yang memerlukan perhatian yang lebih untuk segera dilakukan pembersihan setelah melewati hujan agar tidak memunculkan jamur di kemudian hari.

3. Ketahui fungsi efek daun talas pada kaca mobil

Pada dasarnya efek daun talas pada kaca mobil tidak lain untuk memudahkan air mengalir jatuh dan tidak menyerap di permukaan kaca. Hal ini seperti kondisi air saat berada di daun talas yang akan membentuk butiran-butiran air. 

Butiran-butiran air pada kaca mobil akan membuat pandangan dari pengemudi lebih jelas meskipun kondisi hujan sekalipun. 

Kerja dari wiper juga akan lebih optimal dalam menyapu air yang menutupi kaca sehingga nantinya akan lebih jernih dipandang. 

4. Gunakan produk pembuat efek daun talas

Cara membuat efek daun talas mobil sangat lah mudah kamu bisa melakukannya di rumah. Alat-alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah rain repellent dan kain microfiber.

Rain repellent bisa dibilang seperti cairan efek daun talas untuk kaca mobil. Penggunaan produk ini akan membuat air hujan tidak menempel di permukaan kaca mobil. 

Saat telah banyak jenis rain repellent di pasaran otomotif baik offline maupun online. Produk ini bisa menjadi salah satu cara menjawab permasalahan saat berkendara dalam kondisi hujan.

Jenis dari rain repellent sendiri sangat beragam saat ini seperti krim, spray, dan cair. Untuk cara aplikasinya sendiri tergantung dari jenis rain repellent kamu gunakan. 

Saat jenis krim dan cair kamu perlu mengoleskan pada kain microfiber terlebih dahulu kemudian langsung diratakan pada bagian seperti kaca atau body mobil.

Sedangkan pada jenis spray kamu bisa langsung menyemprotkan pada bagian yang dinginkan lalu usap secara menyeluruh menggunakan kain microfiber.

5. Gunakan bahan alami untuk membuat efek daun talas 

Jika kamu tidak berkenan untuk memberikan bahan kimia pada mobil. Kamu bisa menggunakan bahan alami untuk membuat efek daun talas pada body mobil. Salah satu hasil alam yang bisa kamu pakai adalah daun pisang. 

Cara penggunaannya, pertama kamu perlu meremas-remas daun pisang di dalam air bersih. Lalu setelah semua daun pisang diremas kamu bisa menggunakan air tersebut untuk menyeka permukaan kaca utama mobil.

Daun pisang dipercaya memiliki kandungan seperti daun talas yaitu membuat butiran-butiran air.

Produk pembersih kaca mobil efek daun talas

Produk rain repellent atau water repellent saat ini telah banyak jenis dan merk di Indonesia. Pada kesempatan ini, kamu bisa mempertimbangkan tiga produk rain repellent untuk membuat efek daun talas atau oleophobic di rumah.

Berikut ini 3 cairan pembersih kaca mobil efek daun talas.

1. Produk Rain Repellent dari Rain X 437 ml

Produk pertama yang bisa membuat cairan kaca mobil seperti daun talas adalah Rain X dari Amerika. Cara penggunaannya kamu bisa menyemprotkan pada kain microfiber dan langsung diaplikasikan pada permukaan kaca.

Usapkan secara menyeluruh dengan cara memutar agar semua bagian berlapis dari cairan ini. Setelah itu lakukan lap kembali dengan kain microfiber lainnya.

2. Produk Rain Repellent dari Glaco Mini 8 ml

Produk kedua yang bisa membuat efek daun talas kaca mobil adalah Glaco Mini dari Jepang. Produk ini hadir dalam bentuk kemasan yang bisa disemprotkan.

Cara penggunaannya kamu bisa menyemprotkan langsung pada kaca dan lap secara menyeluruh dengan cara memutar agar semua bagian berlapis dari cairan ini. Setelah itu lakukan lap kembali dengan kain microfiber lainnya.

3. Produk Rain Repellent dari Glass Science 240 ml

Produk ketiga yang bisa membuat cairan kaca mobil seperti daun talas adalah Glass Science dari Amerika. Cara penggunaannya kamu bisa menuangkan pada kain microfiber dan langsung diaplikasikan pada permukaan kaca.

Usapkan secara menyeluruh dengan cara memutar agar semua bagian berlapis dari cairan ini. Setelah itu lakukan lap kembali dengan kain microfiber lainnya.

Ketiga produk di atas adalah sebagian kecil dari jenis rain repellent yang tersebar di Indonesia. Secara efektifitas kerja dari produk tersebut yang menjadi cairan efek daun talas kaca mobil terbaik adalah Glaco Mini dari Jepang.

Hal ini dikarenakan air lebih cepat turun dari permukaan kaca ketimbang dua produk lainnya. Jadi, Glaco Mini paling direkomendasikan.

Pentingnya asuransi mobil

Demi menjaga performa mobil tetap terjaga, pastikan untuk selalu melakukan servis rutin setiap waktu yang sudah ditentukan.

Apabila merasa ada yang salah dengan mobilmu, lebih baik segera juga cek ke bengkel terdekat. Nah yang tidak kalah penting lainnya adalah miliki asuransi mobil untuk melindungi mobil kesayanganmu.

Memiliki asuransi mobil ini sangat penting untuk menghindarkan kamu dari kerugian finansial yang besar apabila kamu mengalami kecelakaan atau kehilangan. 

Besaran premi untuk asuransi mobil beragam dan disesuaikan dengan harga kendaraan, wilayah tempat kamu tinggal, serta manfaat yang kamu inginkan. Jadi dijamin tidak akan memberatkan.

Sudah tahu jenis asuransi mobil apa yang cocok untuk kamu? Coba cek dengan kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini!

Pertanyaan seputar efek daun talas kaca mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.