detikfakta.com – Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Juanidi menyatakan kesiapannya dalam mendukung pengembangan olahraga bola basket nasional yang tidak hanya pada liga profesional, namun juga dari akar rumput seperti sekolah dan masyarakat perkotaan.

“Kita pasti mendukung untuk kemajuan basket Indonesia. Komitmen kita tidak hanya di kompetisi profesional di tingkat nasional, tapi kita juga akan dukung bagaimana kita bisa mulai membangun atau menumbuhkan bibit-bibit baru dari seluruh daerah,” kata Darmawan dalam rangka acara Rakernas Perbasi 2023 di Jakarta, Rabu.

Darmawan menyebut bahwa Bank Mandiri menginginkan agar olahraga bola basket bisa menjadi populer di daerah urban atau wilayah perkotaan Indonesia, yang peminatnya dari lintas generasi.

Oleh karena itu Bank Mandiri mendukung hal tersebut dengan perbaikan infrastruktur dan pembinaan atlet muda. Selain itu, Bank Mandiri juga mendukung penuh apabila ada yang ingin menyelenggarakan kompetisi basket di tingkat sekolah ataupun antar instansi perkantoran.

“Memang sudah beberapa kota kita mulai kompetisi, seperti kompetisi antar sekolah, kompetisi antar instansi di provinsi-provinsi. Dan ini kita akan terus lakukan secara nasional,” katanya.

Darmawan mempersilakan para pengurus Perbasi di provinsi untuk berkomunikasi dengan pihak Bank Mandiri guna meminta dukungan penyelenggaraan kompetisi bola basket tersebut.

“Kalau yang mungkin belum ada komunikasi dengan Bank Mandiri, kita ada kantor wilayah, kita ada kantor cabang, di pusat juga ada. Jadi kita akan terus dorong tidak hanya di level atas tapi juga dari bawah,” kata dia.

Dirut Bank Mandiri menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung kompetisi Indonesia Basketball League (IBL), dan juga kesiapannya untuk mendukung Indonesia Development League (IDL) yang akan segera diselenggarakan khusus untuk pemain muda.