Fitur satelit dapat membantu penggunamelaporkan keadaan darurat di sekitar tanpa memerlukan layanan seluler.

Selama lebih dari setahun terakhir, Apple dikabarkan sedang mengerjakan kemampuan untuk membawa fitur satelit ke iPhone. Ini pertama kali dirumorkan akan hadir untuk seri iPhone 14, namun tampaknya juga akan disematkan pada jajaran perangkat jam tangan pintar Apple di masa depan. 

Fitur satelit dapat membantu pengguna iPhone melaporkan keadaan darurat di sekitar tanpa memerlukan layanan seluler. Tapi lain dari itu, fitur satelit baru saja dilaporkan akan mendukung generasi baru Apple Watch Pro.

Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan generasi baru Apple Watch Pro yang akan datang kemungkinan dibekali fitur satelit. Hal ini juga dibahas perusahaan secara internal tentang gagasan menghadirkan fitur satelit jam tangan, sebagaimana dilansir dari 9to5Mac (29/8).

Gurman menjelaskan prospek awal fitur satelit pada iPhone dan Apple Watch adalah memanggil layanan darurat dengan cepat dan memberikan lokasi pengguna. Namun pada akhirnya, pengguna dapat memiliki akses internet global dan dapat melakukan panggilan telepon biasa melalui satelit.

Dengan kata lain, fitur satelit dapat mengubah perangkat Apple menjadi yang tercepat suatu hari nanti, apalagi dikombinasikan dengan jaringan 5G yang ada saat ini. Meski demikian, fitur satelit tidak diperkirakan hadir untuk generasi pertama Apple Watch Pro. 

Bocoran fitur dan spesifikasi Apple Watch Pro 

Apple Watch Pro, Apple Watch SE, dan Apple Watch Series 8 diketahui akan diluncurkan bersamaan dengan seri iPhone 14 pada 7 September. Menurut Gurman, Apple Watch Pro secara visual akan membedakan dirinya dari Watch 8 dengan desain baru.

Salah satu perubahan utama pada Apple Watch Pro adalah material yang digunakan. Saat ini, Apple Watch yang tersedia dibuat dari aluminium, baja tahan karat, dan titanium. Sementara Apple Watch Pro dilaporkan akan menampilkan “formulasi titanium yang lebih tahan lama” sebagai bagian dari upaya Apple untuk membuatnya sekuat mungkin.

Watch Pro juga dilaporkan akan menampilkan masa pakai baterai yang lebih baik. Masa pakai baterai yang lebih lama akan menjadi faktor kunci bagi pengguna “olahraga ekstrem” sebagai target penjual perangkat ini.

Sama seperti Apple Watch Series 8, Apple Watch Pro juga diharapkan memiliki dukungan pengukur suhu tubuh. Perangkat tidak akan menampilkan suhu tubuh yang akurat, tetapi akan mengirimi peringatan saat mendeteksi suhu tubuh meningkat. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.