Advertising adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk memperkenalkan dan mengembangkan bisnis. Melalui advertising, perusahaan bisa menjangkau target pasar yang lebih luas serta membangun brand awareness yang efektif. Maka, tidak heran, kini banyak pelaku bisnis yang berbondong-bondong membuat advertising. Seperti apa advertising yang baik dan bagaimana cara membuatnya agar lebih efektif?


Apa Itu Advertising?

Advertising adalah suatu upaya mengajak atau mempersuasi target audiens untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Pada dunia bisnis atau perusahaan, advertising digunakan untuk memperoleh berbagai tujuan, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang diiklankan, mengarahkan calon pelanggan kepada bisnis, mempromosikan penjualan produk yang sudah ada, memperkenalkan produk atau layanan baru, serta menjadi pembeda dari pesaing.

Advertising dapat disampaikan melalui pesan-pesan yang persuasif dalam bentuk gambar, video, maupun rangkaian kata mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Advertising bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi efektif yang dibangun antara perusahaan atau badan usaha terhadap pelanggan.

Baca juga: Iklan Komersial Bisa Bikin Bisnis Untung? Ini Penjelasan Lengkapnya


Apakah Advertising dan Marketing Sama?

Advertising adalah Strategi Promosi, Ini 5 Tips Efektifnya!

Sekilas, advertising memang tampak serupa dengan marketing. Akan tetapi, keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang signifikan. Pada dasarnya, advertising dan marketing sama-sama memiliki tujuan utama untuk meningkatkan penjualan.

Marketing adalah keseluruhan proses atau strategi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dan meyakinkan pelanggan melakukan tindakan tertentu. Sementara itu, advertising adalah proses pembuatan pesan persuasif yang dapat menunjang tujuan pemasaran tersebut. Bisa dikatakan bahwa advertising adalah salah satu bagian atau komponen dari sistem marketing itu sendiri.

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil


5 Tips Melakukan Advertising yang Efektif

advertising adalah

Advertising bisa saja menjadi cara ampuh dalam menawarkan produk atau layanan apabila dibuat dengan perencanaan dan strategi yang baik. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melakukan advertising yang efektif.

1. Pahami emosi konsumen

Respons emosional terhadap iklan bisa saja mempengaruhi niat seseorang untuk melakukan pembelian terhadap produk atau layanan yang dipromosikan. Oleh karena itu, buatlah iklan-iklan yang dapat membangkitkan rasa emosional, seperti kesedihan, kebahagiaan, atau menarik emosi tertentu yang dapat membujuk target audiens.

2. Buat format yang mudah diingat

Ketika membuat iklan, sebisa mungkin harus dengan format yang mudah diingat dan berbeda dari kebanyakan iklan lainnya. Jangan terlalu bertele-tele saat menyampaikan persuasi pada iklan agar mudah diingat orang. Tonjolkan sesuatu yang bisa menjadi ciri khas dari iklan Anda. Kemudian, pastikan untuk tetap konsisten menggunakan gaya yang dipilih. Jangan mengubah branding Anda tiap kali membuat iklan baru. Hal ini justru bisa membuat pelanggan bingung dan tidak efektif untuk jangka waktu lama.

3. Timing yang tepat

Membaca peluang juga menjadi salah satu hal penting ketika hendak membuat iklan. Anda harus bisa membaca situasi yang sekiranya bisa membantu dalam pembuatan materi iklan. Iklan harus disesuaikan dengan kondisi terkini dari masyarakat. Misalnya, Anda bisa membuat iklan dengan materi K-pop di tengah masyarakat yang kini sangat menggemari genre tersebut.

Baca juga: Branding Produk: Definisi, Manfaat, dan Cara agar Dikenal Konsumen

4. Informasi harus jelas

Ketika membuat iklan, informasi yang dicantumkan juga harus jelas agar tidak menimbulkan kebingungan terhadap produk yang ditawarkan. Misalnya, bila Anda berjualan ice coffee, dapat menampilkan komposisi bahan pada tiap menu. Contohnya, untuk menu latte, terdiri dari berapa persen kombinasi susu dan kopinya. Selain informasi mengenai detail produk, dapat pula mencantumkan kontak yang bisa dihubungi atau situs website yang bisa dikunjungi.

5. Manfaatkan platform online

Era digital menjadi salah satu peluang besar untuk dimanfaatkan dalam periklanan secara online. Khususnya bagi pelaku bisnis yang berjualan online, dapat memanfaat berbagai platform online seperti melalui media sosial, website, marketplace, dan lain sebagainya. Ketika berjualan secara online, sangat penting untuk menggunakan strategi jualan online agar dapat menjangkau pasar yang diinginkan.


Advertising adalah suatu upaya mengajak atau mempersuasi audiens untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu sesuai dengan tujuan iklan. Advertising dapat membantu Anda dalam membuat branding yang baik atas produk yang dijual. Pembuatan iklan yang efektif tentu akan semakin berpengaruh terhadap citra produk yang dipromosikan.

Agar semakin lancar menjalankan bisnis, gunakan juga aplikasi kasir Moka POS yang dapat mempermudah pencatatan transaksi berjualan. 

Mokapos-2


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.