Selain tembok Berlin dan tim sepak bolanya yang dijuluki Der Panzer, Jerman juga dikenal karena kualitas produknya. Apalagi kalau ngomongin mobil asal Jerman, kebanyakan orang pasti punya anggapan yang sama kalau merek mobil Jerman itu bandel dan tahan lama.

Anggapan tersebut nyatanya memang benar. Jerman, sejak masa Perang Dunia II hingga kini, selalu memproduksi barang-barang dengan menomorsatukan kualitas ketimbang kuantitas.

Untuk urusan kendaraan roda empat, merk mobil asal Jerman punya model yang impresif dengan desain yang elegan. Inilah kenapa banyak orang yang suka meski baru melihatnya pertama kali.

Di Indonesia, enggak sedikit jumlahnya orang-orang yang memakai merek mobil asal Jerman. Wajar saja, soalnya beberapa merk mobil dari Jerman sudah ada dealer-nya di Indonesia.

Mau tahu apa saja mobil buatan Jerman yang ada di Indonesia dan berapa harganya? Yuk, simak ulasannya!

Merek mobil Jerman di Indonesia yang laris

Berikut ini beberapa mobil Germany yang cukup populer di Indonesia. Memang harganya cukup mahal, namun tentunya sesuai dengan kualitasnya.

1. Audi A4 – Rp 1,2 miliar

Model keluaran Audi yang satu ini adalah mobil Jerman terlaris sepanjang tahun 2017. Sebanyak 72 unit mobil ini sukses terjual. Audi A4 pada 2017 dijual dengan harga Rp 1,2 miliar.

Sedan yang satu ini dilengkapi dengan mesin mobil berkapasitas 1.984 cc. Dengan kapasitas sebesar itu, Audi A4 memiliki top speed hingga 240 km per jam. Sementara kemampuan akselerasinya tercatat 7,3 detik.

Mesinnya yang jempolan dilengkapi dengan teknologi yang futuristik serta desain interior yang mewah dan nyaman menjadi alasan kenapa mobil ini dijual sangat mahal.

2. Mercedes Benz C250 – Rp 965 juta

Mercedes Benz keluaran 2017 ini menjadi mobil paling laku yang dijual Mercedes Benz. Selama tahun 2017, penjualannya mencapai 522 unit, disusul penjualan Mercedes Benz C 200 yang terjual 247 unit. Harga mobil Mercedes Benz C 250 adalah sekitar Rp 965 juta.

Terbarunya, sedan seri C-Class ini dipasangi mesin dengan kapasitas 1.991 cc. Buat berakselerasi 0-100 km per jam, mobil ini cuma butuh 6,88 detik. Sementara top speed-nya bisa mencapai 233 km per jam.

Desain interiornya pun terbilang mewah. Sementara fitur keamanannya juga lebih canggih dari sebelumnya. Secara keseluruhan, Mercedes Benz C 250 memiliki performa yang tokcer.

3. BMW X1 sDrive 18i – Rp 629 juta

Dari data Gaikindo, BMW X1 sDrive 18i menjadi juaranya dalam penjualan mobil BMW sepanjang tahun 2017. Mobil jenis SUV ini terjual sebanyak 750 unit, sedangkan di bawahnya menyusul Seri 3 yang terjual sebanyak 683 unit. Lalu ada Seri 5 yang terjual 328 unit.

Harga mobil BMW X1 sDrive 18i adalah sekitar Rp 629 juta. Dengan harga segitu, mobil ini telah dipasangi mesin berkapasitas 1.499 cc yang memiliki top speed hingga 200 km per jam. Sementara kemampuan akselerasinya cuma membutuhkan waktu 9,7 detik.

Dari tampilannya, BMW X1 sDrive 18i memberikan kesan maskulin dan elegan. Desain interiornya pun tampak mewah dan nyaman. Dijamin cocok banget buat para cowok.

4. Volkswagen Polo 1.2 TSI – Rp 265 juta

Di Indonesia, merk mobil dari Jerman bernama Volkswagen mendapatkan sambutan positif. Volkswagen Polo 1.2 TSI menjadi mobil asal Jerman terlaris yang dijual di Indonesia. Sebanyak 413 unit mobil ini berhasil terjual selama tahun 2017. Disusul model Tiguan sebanyak 65 unit.

Terbarunya, Volkswagen Polo 1.2 TSI dijual dengan harga Rp 265 juta. Mobil ini termasuk mobil Jerman murah dengan kapasitas mesin 1.197 cc dan kecepatan maksimum hingga 190 km per jam. Sementara waktu yang dibutuhkan buat berakselerasi sekitar 10,8 detik.

Banyak review positif dari pengguna mengenai mobil VW yang satu ini. Mulai dari keunggulan mesin dan transmisi, performa yang baik, hingga kualitas dari pembuatannya.

5. Porsche Macan – Rp 2,1 miliar

Merk mobil dari Jerman yang satu ini emang menjadi favorit sejak 2016 hingga 2017. Gak diketahui pasti berapa banyak unit yang terjual. Terbarunya, Porsche Macan dijual dengan harga Rp 2,1 miliar.

Maklum saja, merek Porsche merupakan salah satu jenis mobil mewah. Jadi, jangan heran kalau harga jualnya mahal.

Porsche Macan terbaru telah dipasangi mesin berkapasitas 1.984 cc. Top speed-nya mencapai 223 km per jam. Sementara kemampuan akselerasinya butuh waktu 6,9 detik.

Melihat langsung Porsche Macan, kamu dijamin bakal terbius dan kepengin membelinya.

6. Alpina – Rp 3,8 miliar

Mobil Jerman terbaik lainnya yang mungkin bisa kamu beli adalah mobil Alpina. Mobil Alpina termasuk mobil yang sudah cukup lama dibuat yakni sejak tahun 1965.

Meskipun merek mobil Alpina ini tidak terlalu terkenal, namun kualitasnya tidak kalah bagus dengan mobil BMW. Bahkan, performa mobil Alpina ini berhasil memenangkan Mobil Tur Eropa di tahun 1968-1977.

7. Opel

Opel termasuk merek mobil Jerman yang usianya paling tua, yakni pertama kali diproduksi pada tahun 1862.

Mobil Opel ini sering digunakan untuk produksi layar lebar, seperti Seri Criminal Minds. Hal ini karena mobil Opel memiliki penampakan yang klasik. Tak heran jika di Indonesia mobil ini cukup terkenal di kalangan pecinta mobil klasik.

Salah satu model mobil Opel yang disukai oleh pecinta mobil klasik di Indonesia adalah mobil Opel Blazer.

8. Adler

Mobil asal Jerman lainnya yang cukup popiler di Indonesia adalah merk Adler. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1900-an.  Namun, kini merek ini sudah tidak lagi memproduksi mobil lagi.

Nah, itu tadi lima mobil asal Jerman yang laris di Indonesia. Mahal? Udah pasti karena merk mobil-mobil dari Jerman ini terjamin kualitasnya. Kira-kira mana nih yang bikin kamu bermimpi memilikinya?

Cari tahu asuransi mobil yang cocok untuk kamu

Jika kamu berencana membeli mobil merek Jerman, sebaiknya kamu juga memiliki asuransi mobil, mengingat harga mobil asal Jerman ini cukup mahal. Jika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan tentunya biaya perbaikannya akan mahal.

Asuransi mobil akan memproteksi finansial kamu dari biaya perbaikan mobil yang mahal. Jika kamu masih bingung menentukan asuransi mobil yang cocok, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini.

Setelah mendapatkan mobil yang cocok, hitung premi asuransi mobil menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Tips dari Lifepal! Jika kamu bosan dengan tampilan mobil asal Jepang, sesekali kamu bisa membeli mobil asal Jerman ini. Memang harganya cukup mahal, namun kualitasnya juga cukup sepadan.

Namun, kamu juga perlu tahu kalau suku cadang mobil Jepang biasanya lebih mudah ditemukan dibandingkan mobil Jerman. Jadi, kamu bisa menjadikan hal ini pertimbangan ketika ingin membeli mobil.

Pertanyaan seputar mobil asal Jerman

Jerman selalu memproduksi barang-barang dengan menomorsatukan kualitas ketimbang kuantitas. Untuk urusan kendaraan roda empat, merk mobil dari Jerman punya model yang impresif dengan desain yang elegan. Inilah kenapa banyak orang yang kepincut meski baru melihatnya pertama kali.

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.