Bagi pengguna yang ingin membeli smartphone secara online, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum melakukan transaksi di Ecommerce.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, berbagai situs belanja online juga semakin beragam. Mulai dari situs untuk keperluan harian, fashion, makanan jadi hingga berbagai barang elektronik kini marak ditemukan di internet. 

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap perilaku konsumen di pasaran yang secara bertahap mengalami perubahan. Bahkan, belakangan ini lebih banyak pengguna yang memilih untuk berbelanja secara online dalam memenuhi kebutuhan mereka. Pasalnya, belanja secara online dinilai lebih praktis dan mudah karena tidak memerlukan banyak usaha.  

Meski begitu, keraguan tetap saja ada ketika pengguna hendak membeli produk dengan nominal yang besar ataupun peralatan elektronik, misalnya saja smartphone. Hal yang menyebabkan adanya rasa kurang yakin ini meliputi pertimbangan pengguna terkait keaslian produk, garansi, hingga keamanan pengiriman dari barang yang dibeli tersebut. 

Untuk itu, agar pembelian smartphone melalui Ecommerce berhasil dengan aman dan sesuai harapan, berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan oleh pengguna. 

1. Beli di official store

Tips pertama dan yang paling aman dilakukan saat hendak membeli smartphone secara daring yaitu dengan mencari official store dari merek ponsel yang diinginkan. Dengan melakukan transaksi melalui toko resmi, keamanan serta keaslian produk pasti akan lebih terjamin. 

Saat ini, beberapa merek smartphone besar seperti oppo, Samsung, Xiaomi, Apple dan beberapa brand lainnya telah mempunyai toko resmi masing-masing di berbagai Ecommerce. Selain itu, jika pengguna masih khawatir akan keaslian produk, beberapa merek tersebut juga mempunyai situs tersendiri. 

2. Pilih produk bergaransi resmi

Berikutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli perangkat smartphone melalui Ecommerce adalah garansi produk. Pastikan toko tempat pengguna hendak membeli perangkat menawarkan produk smartphone bergaransi resmi. Artinya, ponsel yang mereka jual telah mempunyai IMEI yang terdaftar di database pemerintah. 

3. Ulasan produk

Ulasan produk menjadi syarat penting yang tidak dapat dihiraukan sebelum melakukan pembelian secara online. Pasalnya dengan memperhatikan ulasan produk, pengguna dapat membandingkan dan mencari tahu semua kekurangan dan kelebihan dari produk yang hendak dibeli. 

Pengguna dapat mencari ulasan produk smartphone ini melalui berbagai platform seperti YouTube, Instagram hingga situs blog. Jika perlu, pengguna juga dapat melakukan perbandingan antara dua smartphone atau lebih pada kelas yang sama dan sesuai budget. 

4. Pilih toko dengan reputasi tinggi

Selain di official store, banyak toko lain di Ecommerce yang menjual perangkat smartphone serupa. Jadi, apabila tidak ingin membeli smartphone melalui toko resmi mereka, pengguna dapat melakukan pembelian di toko lain yang ada di platform Ecommerce tersebut. 

Langkah yang dapat dilakukan sebelum pengguna melakukan pembelian yaitu memilih toko dengan reputasi yang tinggi. Caranya, pengguna dapat melihat rating dan ulasan dari toko yang berada di Ecommerce tersebut. Semakin tinggi rating yang telah diperoleh toko, maka toko tersebut mempunyai reputasi yang baik juga. 

5. Packing produk dan asuransikan pengiriman

Saat melakukan transaksi pembelian smartphone melalui Ecommerce, hal terakhir yang perlu diperhatikan yaitu pengemasan produk dan keamanan pengirimannya. Ada baiknya pengguna bertanya kepada penjual mengenai pengemasan smartphone yang dibeli. Sebab, produk elektronik lebih rentan mengalami kerusakan apabila tidak dikemas dengan baik. 

Biasanya, toko di Ecommerce juga memberikan produk pengemasan tambahan seperti bubble wrap, kardus hingga kayu. Pengguna bisa membeli produk packing tambahan tersebut untuk membuat pengemasan smartphone menjadi lebih aman. 

Selain itu, untuk membuat pengiriman produk semakin aman, ada baiknya pengguna menambahkan asuransi pengiriman produk. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan ketika dalam pengiriman, pengguna dapat mengklaim kerusakan tersebut. 

Itulah tadi beberapa tips yang dapat diterapkan pengguna sebelum membeli smartphone melalui situs Ecommerce. Selain lebih mudah dan praktis, dengan menerapkan tips tersebut tentunya pembelian pengguna menjadi lebih aman. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.