detikfakta.comPIKIRAN RAKYAT – Jawa Barat memiliki kontur wilayah yang sangat indah sehingga banyak tempat wisata alam yang wajib untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Kabupaten Majalengka yang berjarak 95 KM dari timur laut Kota Bandung dan 56 KM dari Kota Cirebon. Meski belum dikenal sebagai tujuan wisata , rupanya Majalengka memiliki segudang tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan.

Akses ke Majalengka pun saat ini menjadi cukup mudah dengan mulai beroperasinya jalan tol Cisumdawu. Nah berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Majalengka Februari 2023 yang bisa kamu kunjungi.

Alamat: Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat

Harga Tiket Masuk: Rp15.000

Telaga Nila menyuguhkan wisata alam dengan pemandangan telaga air jernih yang menawan. Telaga atau danau kecil yang masih terjaga keasliannya ditambah dengan udara sejuk menambah keindahan tempat wisata ini.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di sini seperti berenang, menyelam di air jernih, bersantai sambal menyantap hidangan di pinggir danau, dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Telaga Nila pun sudah dilengkapi fasilitas cukup lengkap seperti gazebo, warung makan, penyewaan ban dan pelampung, took merchandise, dan lain sebagainya.

Alamat: Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka , Jawa Barat

Harga Tiket: Rp5.000

Jika kamu ingin suasana pedesaan dengan pemandangan kebun sayur berundak di ketinggian bebukitan, Terasering Panyaweuyan dapat menjadi tujuan tempat wisata yang paling cocok.

Tempat wisata ini berlokasi di ketinggian 2.000 mdpl dengan kontur tanah miring yang ditanami berbagai jenis sayuran hingga menimbulkan efek seperti tangga yang sangat besar. Bahkan saking indahnya, Terasering Panyawuyan sering dijuluki Jatiluwih Tabanan-nya Provinsi Jawa Barat .

Berbagai fasilitas pendukung yang sudah disediakan di tempat wisata ini antara lain area parkir, toilet, dan warung. Sarana musala saat ini masih dalam proses pembangunan. Untuk fasilitas rekreasi, terdapat berbagai spot foto dan gardu pandang.

Alamat: Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka , Jawa Barat

Harga Tiket: Rp15.000

Kontur pegunungan Kabupaten Majalengka membuatnya memiliki banyak air terjun dengan keindahan yang memesona, salah satunya adalah Curug Cipeteuy.

Tempat wisata yang terletsak di kaki gunung Ciremai Majalengka ini menawarkan pemandangan air terjun yang megah di tengah hutan yang masih asri. Curug Cipeuteui dapat menjadi tempat wisata untuk mengenalkan keindahan alam pada si kecil.

Berbagai fasilitas unggulan pun siap kamu jajal seperti kolam renang bertingkat, penyewaan tenda, bukti selfie, dan banyak lagi lainnya.

Alamat: Cibuluh Blok, Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka , Jawa Barat

Harga Tiket: Rp15.000 (Rp20.000 jika menginap)

Bukit yang terletak di ketinggian 1.600 mdpl ini menawarkan keindahan kontur pegunungan khas Kabupaten Majalengka . Suhu di kawasan ini kurang lebih sekira 16 derajat sehingga menjadikannya tujuan wisata alternatif selain puncak Bogor.

Tempat wisata ini bahkan masuk kedalam daftar Destinasi Baru Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang lalu. Nama ‘kaak’ tempat wisata ini berasal dari burung gagak yang banyak mendirikan sayang (sangkar) di sekitar perbukitan.

Berbagai fasilitas terbaik pun dapat kamu nikmati seperti spot selfie yang indah, lokasi camping, warung wisata , dan berbagai wahana menarik lainnya.

Alamat: Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka , Jawa Barat

Harga Tiket: Rp15.000

Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun pada 2022-2023 adalah Curug Ibun Pelangi karena pemandangan bak di dunia lain yang ditawarkannya.

Curug yang memiliki arus tenang dan diapit oleh dua tebing batu membuat cahaya matahari menyembul dari sela-selanya. Efek dari cahaya yang masuk ke jalur air membuat kamu seperti sedang berada di dunia lain.

Berbagai fasilitas pun dapat kamu nikmati seperti penyewaan ban dan pelampung, warung makan wisata , gazebo, dan banyak lainnya.***