Berikut ini 5 rekomendasi smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni untuk segmen harga Rp1 jutaan.

Smartphone dengan segmen harga Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan menjadi salah satu yang paling banyak persaingannya. Berbagai seri dari merek ternama bahkan selalu merilis ponsel pintar di segmen kelas entry-level ini. 

Meski berada di pasar smartphone entry-level, saat ini perangkat ponsel pintar yang ditawarkan oleh berbagai produsen sudah cukup mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan, beberapa ponsel di segmen Rp1 jutaan ini juga dilengkapi dengan fitur kamera yang bagus untuk memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto dan video yang maksimal. 

Alhasil, beberapa pengguna seringkali mengalami kebingungan ketika sedang mencari smartphone dengan rentang harga Rp1 jutaan ini. Untuk itu, berikut ini kami hadirkan 5 rekomendasi smartphone Rp1 jutaan dengan fitur kamera terbaik. 

1. Infinix Hot 10S

5 rekomendasi HP dengan kamera terbaik di harga Rp1 jutaan
Ponsel pertama dengan kisaran harga Rp1 jutaan yaitu Infinix Hot 10S. Smartphone ini mempunyai tiga seri kamera utama di bagian belakang dengan masing-masing berukuran 48MP (wide), 2MP (depth), dan satu lagi dengan sensor AI Lens. Untuk selfie, ada kamera depan 80MP (wide) yang bisa diandalkan. 

Infinix Hot 10S ini mempunyai layar berukuran 6,82 inci dengan resolusi hingga 720 x 1640p. Selain itu, baterai yang ditanamkan pada ponsel ini mempunyai kapasitas 6.000mAh meski belum dilengkapi dengan fitur fast charging

Untuk dapur pacunya, Infinix membawa chipset MediaTek Helio G85 dengan sistem operasi Android. Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan RAM yaitu 4GB/64GB, 4GB/128GB, dan 6GB/128GB. Sedangkan untuk harganya, ponsel ini berada pada rentang Rp1,7 juta hingga Rp2 juta tergantung dari tipe kapasitas memori RAM yang dipilih. 

2. Samsung Galaxy M11


Ponsel Rp1 jutaan berikutnya yang mempunyai spesifikasi kamera yang handal adalah smartphone Samsung Galaxy M11. Ponsel pintar keluaran Samsung ini hadir dengan tiga kamera utama yang masing-masing berukuran 13M (wide), 5MP (ultrawide), dan 2MP (depth). Sementara untuk kamera selfie, Samsung membawa kamera single berukuran 8MP dengan bukaan f/2.0 (wide). 

Namun, selain spesifikasi kamera yang menarik, smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android 10. Ponsel keluaran Samsung ini juga ditenagai dengan chipset Snapdragon keluaran lama yaitu Snapdragon 450. 

Untuk kisaran harga, perangkat yang satu ini masih stabil pada angka Rp1,7 jutaan untuk setiap seri yang ada. Selain itu, ponsel keluaran 2020 ini sudah dilengkapi dengan fitur finger print untuk mempertahankan keamanan ponsel tersebut. 

3. realme C15


Di urutan selanjutnya untuk kategori ponsel dengan kamera terbaik dengan harga Rp1 jutaan yaitu realme C15. Ponsel keluaran realme ini menghadirkan fitur kamera utama dengan 13MP Quad Camera, 8MP (ultrawide) dan 2MP (retro lens). Kemudian untuk kamera depan, realme membawa single kamera 8MP (wide) dan resolusi video hingga 1080p. 

Sementara untuk spek lainnya, realme menghadirkan ukuran RAM 4GB/64GB yang menarik untuk para konsumen kelas ke bawah. Ponsel juga dilengkapi dengan baterai berukuran 6.000mAh dan dukungan  fast charging 18W. Sedangkan untuk dapur pacunya, realme C15 mendapatkan dukungan dari prosesor entry-level Qualcomm yaitu Snapdragon 460. 

4. Xiaomi POCO M3


Xiaomi POCO M3 merupakan smartphone yang mempunyai kapasitas baterai 6.000 dan layar berukuran 6.63 inci. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan tiga kamera utama pada bagian belakang dengan ukuran 48MP, 8MP dan 5MP. Selain itu, smartphone ini juga mempunyai densitas piksel sebesar 395ppi dan tampilan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixels. 

Ponsel ini memiliki prosesor octa-core dengan berat perangkat 198 gram. Serupa dengan sejumlah ponsel pintar lainnya pada segmen ini, smartphone Xiaomi POCO M3 dijual dengan kisaran harga Rp1,5 jutaan. 

5. realme narzo 30A


Terakhir, ada ponsel keluaran realme yang dapat dijadikan pilihan pengguna pada segmen harga Rp1 jutaan. Smartphone bernama realme narzo 30A ini mempunyai dual camera dengan ukuran masing-masing 13MP dan 2MP yang dapat merekam video dengan kualitas hingga [email protected] pada bagian belakang. Sedangkan untuk kamera selfie, realme menghadirkan kamera dengan resolusi 8MP yang terpasang pada notch mini-drop mereka. 

Soal daya tahannya, realme narzo 30A inni didukung dengan baterai berkapasitas 6.000mAh dengan dukungan fast charging 18W. Ponsel ini juga disertai dengan chipset gaming MediaTek Helio G85 dengan penyimpanan RAM 4GB dan memori internal 64GB. 

Untuk masalah harga, smartphone narzo 3oA ini termasuk ke dalam segmen ponsel entry-level dari realme. Pasalnya, meski dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini dibanderol pada kisaran harga Rp1,8 jutaan di Indonesia. 

Itulah beberapa rekomendasi ponsel dengan kamera terbaik di segmen harga Rp1 jutaan. Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan kamera yang bagus, beberapa smartphone di atas dapat menjadi pilihan pengguna. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.