detikfakta.com – Perkembangan teknologi membuat mayoritas industri mulai beralih menuju digital. Beragam alat dan komponen kini merujuk pada sistem dan program komputer. Hal ini yang membuat tenaga ahli terkait teknologi dan informasi ( IT ) semakin banyak dibutuhkan.

Begitu pula dari segi masyarakat yang juga mulai meminati beragam profesi di bidang IT. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang menuntut perubahan di berbagai sektor.

Maka dari itu sebagian masyarakat mulai mempelajari keterampilan dan keahlian di sektor IT. Skill inilah yang sangat dibutuhkan pada di beragam industri saat ini hingga masa mendatang.

Dilansir dari Forbes, berikut ini lima keterampilan bidang teknologi paling diminati untuk pekerjaan di tahun 2023. Apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Data communicator

Data communicator akan semakin diminati dan dibutuhkan mulai tahun 2023 ini. Menurut penelitian oleh Tableau dari Forrester, tahun 2025 ada sekitar 70 persen perusahaan yang akan melibatkan pekerjaannya dengan berbagai macam data.

Kebutuhan ini yang membuat setiap perusahaan akan membutuhkan orang-orang dengan keahlian untuk menerjemahkan, menafsirkan, dan mengkomunisikan data. Seorang dengan profesi ini juga harus terampil dan mampu menarasikan data.

Secara praktis, hal ini termasuk dalam menganalisis bagaimana data itu berasal, mengapa penting bagi bisnis, dan cara terbaik untuk menerapkannya.

Cybersecurity

Tak dipungkiri lagi bahwa kini beragam bidang beralih ke digital membuat penyebaran data semakin masif. Tanpa disadari perkembangan teknologi yang luar biasa ini membuka celah oknum kejahatan untuk meretas dan mencuri data-data pribadi maupun perusahaan.

Maka dari itu keterampilan keamanan data sangat dibutuhkan seiring waktu. Peran seorang cybersecurty akan bertugas untuk menganalisis dan mengembangkan sistem keamanan data.

UX Designer

Sejalan dengan tranformasi digital yang pesat, User Experince Design (UX Design) masuk menjadi keterampilan teknologi paling diminati mulai tahun ini. Mengingat semakin banyak industri dan perusahaan yang mulai menggencarkan beragam platform digitalnya, seperti aplikasi, website, dan lain sebagainya.

Seorang UX desainer akan bertanggung jawab mengemas produk teknologi sebuah perusahaan (misalnya aplikasi atau situs web) agar mudah dipahami dan digunakan di kalangan semua pengguna.

Digital Marketing

Perkembangan pemasaran bisnis juga turut mengarah ke digital. Maka dari itu kini mulai bermunculan beragam profesi digital marketing. Seorang digital marketing bertanggung jawab untuk melakukan analisis pemasaran, periklanan, promosi, dan beragam kebutuhan marketing perusahaan lewat digital.

Digital marketing harus mampu mengoperasikan beragam tools digital marketing, seperti Google Analytics, Google Ads, Console, dan masih banyak lainnya yang membantu penargetan dan segmentasi audiens.


Artificial Intelligence (AI)

Populernya Artificial Intelligence (AI) saat ini membuat keterampilan ini semakin masif dipelajari. Kini profesi AI engineer menjadi paling diminati dan dibutuhkan tahun ini hingga masa-masa mendatang.

Umumnya keterampilan mengenai AI dapat ditemukan di studi teknik informatika dan harus memiliki keterampilan pemrograman, big data, dan memahami algoritma serta framework. Salah satu tugas AI engineer adalah mengautomasi perangkat yang digunakan seorang data science.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.