Didukung oleh MariSilicon X, OPPO Reno 8 Series hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait, yang mendukung resolusi 4K.

OPPO Reno 8 Series menjadi smartphone seri Reno pertama yang dibekali MariSilicon X Imaging NPU. Ini merupakan NPU besutan OPPO sendiri, yang dapat meningkatkan kemampuan kamera smartphone dalam menangkap cahaya dan konsumsi daya yang lebih efisien. 

Didukung oleh MariSilicon X, OPPO Reno 8 Series hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait. Ketiga fitur ini mendukung resolusi 4K untuk Reno 8 Pro 5G.

4K Ultra Night Video

“Kita melakukan kolaborasi antara MariSilicon X dengan SoC atau yang kita kenal sebagai CPU, untuk menghadirkan video 4K yang ultra jernih di kamera belakang Reno 8 Pro 5G,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, Rabu (3/8).

4K Ultra Night Video pada OPPO Reno 8 Pro 5G dapat menghasilkan kejernihan gambar 4x lebih tinggi dari video 1080p. Fitur ini juga dilengkapi dengan algoritma HDR Fusion dan AINR yang membantu meningkatkan rentang dinamis video malam sebesar 42,9%.

Sebagai perbandingan, Reno 8 Pro 5G dapat menghilangkan noise pada area gelap yang direkam dengan Reno 7 Pro 5G. Area gelap ini berubah menjadi warna hitam yang lebih jernih dan lebih pekat tanpa ada noise di sekitarnya. 

4K Ultra HDR Video

Selain membantu perekaman video di kondisi kurang cahaya, Reno 8 Pro 5G juga dapat memungkinkan penggunanya merekam video dengan cahaya latar yang sangat kuat. 

Merekam video di kondisi backlight memiliki tantangan sendiri, karena gerakan pada objek dapat mengubah warna dalam video. Berkat dukungan MariSilicon X, kamera Reno 8 Pro 5G dapat mengunci latar belakang, seperti seolah-olah menggunakan AI Exposure Lock. 

“Tapi sesungguhnya tidak digunakan seperti itu (AI Exposure Lock),” ujar Aryo.

Night Portrait

Algortima turbo raw pada fitur Night Portrait di Reno 8 Series ditingkatkan, di mana dapat melakukan pengurangan noise secara AI pada tiga saluran RGB (Red, Green, Blue) di domain raw. Jadi, yang disesuaikan adalah file mentahnya, bukan setelah foto yang sudah jadi. 

MariSilicon X pada perangkat juga dapat mempercepat pengolahan gambar, sehingga hasilnya dapat terlihat di pratinjau gambar 60% lebih cepat. Ini karerna MariSilicon X mempunyai DDR bandwidth sendiri, dibanding sistem on chip yang membagi memori DDR untuk NPU, CPU, dan GPU. 

Nah, berikut ini hasil gambar menggunakan OPPO Reno 8 Pro 5G yang kami coba, di latar yang sangat gelap tanpa dukungan cahaya apapun, hanya lampu-lampu kecil berwarna kuning. Tidak ditemukan noise pada area hitam di bagian bawah dan gambar fokus pada objek.

3 fitur utama kamera Reno 8 Pro 5G


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.