detikfakta.com – Kehadiran Wuling Formo Max di Indonesia merupakan suatu langkah berani bila Wuling Motors serius menggarap pasar komersial. Mengingat, selama beberapa tahun belakangan, tidak ada penantang baru di sana.

Apalagi, kendaraan berjenis pikap B dengan penggerak dua roda ini dihargai sangat terjangkau yaitu Rp 160 juta sampai Rp 172 jutaan on-the-road (OTR) DKI Jakarta.

Hanya saja, sebagaimana dikatakan Product Planning oleh Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko pihak perseroan masih hanya menghadirkan Formo Max model bak terbuka saja. Belum ada versi lain seperti box.

“Masih kami studi, ya. Untuk pertama kali ini kami keluarkan yang bak terbuka. Tapi namanya kendaraan komersial, biasanya banyak varian yang muncul baik dari OEM maupun konsumen itu sendiri,” katanya, Selasa.

“Kami masih sangat terbuka dengan studi pengembangan produk,” lanjut Danang.

Walau begitu, ia memastikan bahwa Formo yang sudah dipasarkan lebih dulu dengan versi blind van maupun minibus masih ada. Jadi secara keseluruhan, ada tiga model kendaraan niaga yang ditawarkan oleh Wuling Indonesia .

Diketahui, kendaraan pikap ini memiliki keunggulan seperti ukuran kargonya yang lebih luas di kelasnya dengan dimensi panjang 2.695 mm dan lebar 1.725 mm plus bukaan bak 3 sisi untuk akses keluar masuk muatan yang praktis.

Soal dapur pacu, Formo Max didukung mesin 4 silinder 1.500cc yang bertenaga menyajikan tenaga 98 hp dan torsi 140 Nm serta didukung transmisi manual 5-percepatan. Kedua varian Formo Max ini juga telah dilengkapi Electric Power Steering (EPS).

“Luas kargonya juga 4,8 m2 yang mana 10-20 persen lebih luas dibandingkan kendaraan di segmen sejenis,” kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.