detikfakta.com – Berbeda dari mobil pikap kebanyakan, Wuling Formo Max yang resmi diluncurkan di Indonesia pada Selasa (17/1/2023), menggendong mesin di depan, bukannya di bawah jok.

Dijelaskan oleh Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko hal tersebut dikarenakan mobil merupakan Formo S yang tubuhnya disesuaikan hingga menyisakan bagian kepala.

Membuat nuasa mobil penumpang lebih kental berada di kendaraan tersebut, tak seperti kendaraan niaga yang tergolong kaku dengan moncong hampir rata.

“Dengan menempatkan mesin di depan, bukan di bawah jok membuat pengemudi juga tidak merasa panas. Selain itu, lebih aman saat terjadi tabrakan,” kata Danang di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta, Selasa.

Terlebih, mobil juga dibenamkan berbagai aspek penting selayaknya kendaraan di segmen penumpang seperti air conditioner (AC), power window, sun visor, power steering, hingga panel instrumen modern.

Bukan hanya itu, untuk varian tertinggi, pabrikan juga menambahkan fitur-fitur lain seperti soket pengisian daya ponsel (USB), radio FM dan dua pengeras suara.

“Mungkin mereka sudah biasa dengan ketiadaan fungsi tersebut. Namun ketika ada produk baru yang menawarkan ini, kita harap jadi poin tersendiri dan dapat membantu mereka agar semakin nyaman dan aman, sekaligus fungsional menunjang bisnisnya,” ucap Danang.

Kendaraan pikap ini memiliki keunggulan seperti ukuran kargonya yang lebih luas di kelasnya dengan dimensi panjang 2.695 mm dan lebar 1.725 mm plus bukaan bak 3 sisi untuk akses keluar masuk muatan yang praktis.

Soal dapur pacu, Formo Max didukung mesin 4 silinder 1.500cc yang bertenaga menyajikan tenaga 98 hp dan torsi 140 Nm serta didukung transmisi manual 5-percepatan. Kedua varian Formo Max ini juga telah dilengkapi Electric Power Steering (EPS).

“Luas kargonya juga 4,8 m2 yang mana 10-20 persen lebih luas dibandingkan kendaraan di segmen sejenis,” kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.