Naiknya jumlah penerima manfaat beasiswa diapresiasi Aripay Tambunan dari Dewan Pendidikan Sumatra Utara. Menurutnya, semakin banyak jumlah penerima beasiswa, akan tercipta semakin banyak lulusan berpendidikan untuk mengembangkan Tapanuli Selatan. 

Lebih jauh, Senior Manager Community PTAR, Christine Pepah menyampaikan, seluruh siswa penerima beasiswa terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan tingkat pendidikan dan manfaat. Rinciannya, 93 siswa SD dan 51 siswa SMP untuk kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA). Mereka akan mendapat bantuan pendidikan di tahun berjalan senilai Rp500.000 untuk setiap siswa SD dan Rp700.000 untuk setiap siswa SMP. 

“Selain itu, 23 siswa SMA/sederajat untuk kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) regular dan 8 siswa SMA mendapat PPB Khusus. Tiap siswa peraih PPB regular tingkat SMA/sederajat akan memperoleh manfaat senilai Rp3 juta per tahun,“ ujar Christine.

Sebanyak 10 siswa meraih Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PBB) jenjang D3 dan S1 perguruan tinggi negeri dan swasta di Tapsel senilai Rp6 juta tiap siswa per tahun. Adapun, 19 siswa kategori PBB jenjang D3 dan S1 dari perguruan tinggi negeri dan swasta di luar Tapsel mendapat manfaat Rp12 juta tiap siswa per tahun.

Juga ada dua siswa mengantongi PBB jenjang S1 di 10 perguruan tinggi negeri (PTN) Unggulan Nasional, masing-masing lulus di jurusan pertanian Universitas Sumatra Utara dan jurusan manajemen Universitas Diponegoro. Sisanya, sebanyak 82 siswa menerima manfaat lanjutan tingkat SMA sampai dengan perguruan tinggi tahun 2019-2021. Penerima PBB khusus tingkat SMA sampai perguruan tinggi mendapat seluruh biaya pendidikan.

Selain memberikan beasiswa, PTAR akan menyediakan program bimbingan belajar gratis bagi siswa-siswi tingkat SMP kelas IX dan tingkat SMA kelas XII jurusan IPA dan IPS yang difasilitasi Lembaga Bimbingan Belajar Profesional. Tujuannya, agar tercipta peluang kelulusan di PTN Unggulan dan SMA Unggulan yang ditetapkan PTAR. 

Sebagai informasi, Penganugerahan beasiswa Martabe Prestasi digelar di Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapsel pada Rabu (10/8). Seremoni dihadiri General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis, Senior Manager Community PTAR Christine Pepah, Plt. Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Al Benny Hevi Damanik, dan Kepala Dinas Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu.

Dewan Pendidikan Sumatra Utara Aripay Tambunan, Ketua MUI Batangtoru Hotlan Dalimunthe, dan pemerhati pendidikan OK Hazmi Usman Siregar turut serta, sementara Wakil Presiden Direktur PTAR Ruli Tanio bergabung secara daring. 


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.