detikfakta.com – Ikan neon tetra mungkin menjadi jenis ikan tetra terpopuler di Indonesia saat ini.

Namun, sebenarnya ada jenis ikan tetra lain yang tak kalah cantik, yaitu cardinal tetra .

Seperti apa bentuknya?

Dikutip dari The Spruce Pets, cardinal tetra merupakan schooling fish, alias ikan yang senang bergerombol dan dapat hidup dengan tenang di dalam akuarium biasa.

Ikan ini juga memiliki warna yang serupa dengan neon tetra dan sebenarnya sama populernya, meski ikan ini cukup sulit dipelihara.

Untuk mengenal ikan cardinal tetra lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

Habitat asal dan distribusi

Ikan cardinal tetra berasal dari Amerika Selatan, tepatnya dari Sungai Orinoco ke anak sungai Rio Negro di Sungai Amazon.

Bahkan, ikan ini bisa ditemukan di seluruh area Kolombia barat.

Ikan ini juga dilaporkan ditemukan di beberapa lokasi lainnya, seperti Manaus di Brasil utara, di mana beberapa klaster cardinal tetra berkumpul.

Selain itu, ikan cardinal tetra juga menyukai area teduh dengan pepohonan lebat dan air yang bergerak lambat atau tenang dan jernih yang jarang dimasuki cahaya matahari, seperti hutan hujan.

Lalu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan cardinal tetra hidup berkelompok, sehingga tidak aneh jika kita menemukannya dalam satu kelompok berisi ratusan ikan.

Adapun habitat asli ikan tetra jenis ini adalah area dengan air asam yang sangat tenang dengan pH 5, dan biasanya berada di area tengah perairan yang berlumpur dan penuh dengan ulat dan krustasea kecil.

Ciri fisik

Mirip seperti saudaranya neon tetra, cardinal tetra juga memiliki warna biru dan merah neon serupa.

Hanya saja, ikan tetra satu ini memiliki sisik berwarna biru neon yang melintang dari hidung menuju ekor.

Di bawahnya, ada sisik berwarna merah terang yang membentang hingga ekor, dengan warna merah di ekor nampak transparan, sama seperti sirip lainnya.

Sementara itu, warna sisik di bagian bawah perutnya adalah soft white, menambah kecantikan ikan ini.

Ikan cardinal tetra ini juga bisa dibedakan dengan neon tetra dari warna sisik merahnya.

Sebab, jika warna merah cardinal tetra membentang dari ujung hidung ke ujung ekor, warna merah neon tetra hanya ada dari tengah tubuh hingga ekor.

Warna sisik yang cantik ini pun akan makin sempurna jika ikan cardinal tetra dewasa dipelihara dalam air asam yang sangat tenang.

Lebih lanjut, ikan cardinal tetra jantan dan betina sebenarnya memiliki beberapa perbedaan mencolok.

Contohnya, ikan cardinal tetra betina memiliki tubuh yang lebih montok dengan perut membulat, sementara ikan cardinal tetra jantan nampak lebih ramping.

Selain itu, ikan cardinal tetra juga memiliki semacam kait yang menonjol dari sirip ekornya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.